Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Membantumu Tampak Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Tidur telah menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Banyak sekali pengaruh negatif yang secara langsung akan terjadi apabila seseorang mengalami kurang tidur. Seperti kondisi tubuh yang akan memburuk sehingga kulit terlihat kusam dan tua. Belum lagi dengan masalah kesehatan mental yang bisa menekan diri sendiri dan mengganggu aktivitas. 

Tidur memainkan peranan penting dalam meremajakan pikiran dan menenangkan tubuh setiap malam. Selain itu, rutinitas ini juga dapat membantu tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Oleh karenanya, waktu tidur yang cukup bagi setiap orang adalah sekitar tujuh hingga sembilan jam. 

Sebelum tidur, terdapat kebiasaan yang perlu dilakukan untuk membuat kulit dan tubuh terlihat awet muda. Dalam situs healthline juga dijelaskan bahwa ketika seseorang tidur, aliran darah pada kulit akan meningkat, organ tubuh akan membangun kembali kolagen, dan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV. Proses tersebut dapat mengurangi keriput dan bintik-bintik penuaan yang akan muncul pada kulit. Maka dari itu, untuk menciptakan hasil yang maksimal dan kulit tetap awet muda, kamu perlu menerapkan kebiasan-kebiasan berikut ini sebelum tidur : 

1. Basic Skincare Sangat Penting untuk Dilakukan Sebelum Tidur

Basic skincare merupakan tahapan paling dasar untuk membersihkan dan menjaga kulit agar tetap sehat, lembut, dan bercahaya. Sahabat Fimela tidak boleh melewatkan rutinitas ini sebelum tidur supaya kulit tetap terlihat awet muda dan terawat. Setelah beraktivitas selama seharian penuh, tentu saja kulit perlu untuk diperhatikan dan dijaga secara teratur. 

Tahap pertama, bersihkan wajah dengan menggunakan kapas yang telah diteteskan micellar water atau produk cleanser lainnya. Supaya debu dan kotoran dapat terangkat sepenuhnya, kamu bisa mencuci muka dengan menggunakan pembersih wajah yang aman untuk kulit. 

Langkah selanjutnya, gunakan toner terutama dengan kandungan retinol. Setelah itu, aplikasikan serum berbahan hyaluronic acid, vitamin C, atau vitamin E. Terakhir, lengkapi dengan moisturizer supaya kulit tetap terhidrasi. Untuk menjaga kulit tetap awet muda, kandungan retinol sangat baik untuk digunakan karena bisa membuat kulit tampak lebih halus, memudarkan garis halus, dan juga kerutan. 

2. Gunakan Face Mask

Menggunakan masker wajah yang cocok dengan jenis kulit bisa memberikan banyak manfaat, apalagi ketika digunakan sebelum tidur. Pasalnya, masker dapat mengunci kelembaban dan menyingkirkan kotoran yang menempel. Apalagi, usia yang semakin bertambah membuat kulit bisa kehilangan kelembabannya. Bukan hanya itu saja, beberapa bahan sehat yang terkandung dalam masker, melainkan juga dapat membantu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Kandungan mineral dan vitamin pada masker wajah juga bisa memberi efek menenangkan untuk kulit sehingga tidur akan terasa lebih pulas. 

 

 

 

3. Mengurangi Screen Time Sebelum Tidur

Gadget dan aplikasi sosial media selalu bisa menarik perhatian, apalagi ketika memasuki waktu malam. Rasa ingin tahu untuk melihat segala update kehidupan dalam satu hari bisa muncul sehingga membuat kamu pun merasa ketagihan untuk scroll sosial media hingga lupa waktu. Sayangnya, apabila dilakukan terus menerus, perilaku ini bisa menjadi kebiasaan buruk yang harus dihentikan.

Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah dengan memaksakan diri untuk membatasi penggunaan gadget dan meminimalisir screen time supaya kamu pun bisa tidur lebih awal dan bangun dengan keadaan yang lebih segar. Jadi, kamu tidak akan memikirkan begitu banyak hal dan tubuh akan terasa awet muda setiap harinya. 

4. Memperhatikan Nutrisi yang Cukup untuk Tubuh

Sebelum tidur, kamu juga perlu untuk mengisi perut dengan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Mengutip dari situs the health site, makan malam yang sehat dan kaya akan gizi bisa didapatkan melalui makanan dengan kandungan vitamin A, B kompleks, vitamin C, zinc, dan asam lemak sesensial. Kandungan tersebut bisa membuat kulitmu tetap sehat dan tampak lebih muda.

Jangan lupa untuk minum air putih sebelum tidur untuk memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi. Akan lebih baik untuk minum air setidaknya dua jam sebelum tidur untuk mencegah terbangun di malam hari. 

5. Selalu Pastikan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman

Suasana kamar tidur yang nyaman akan meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa membuatmu merasa berenergi dan awet muda. Lingkungan tempat tidur memiliki dampak besar pada kemampuan seseorang untuk bisa tertidur. Pastikan untuk membuat kamar menjadi sejuk, gelap, dan tenang agar tubuh lebih mudah untuk terlelap. Saat kamu telah menciptakan suasana yang mendukung, maka kamu pun bisa lebih cepat beristirahat. 

Kebiasaan sederhana di atas bisa kamu terapkan agar tubuh dan kulit selalu awet muda. Terasa mudah untuk dilakukan, bukan? Jika Sahabat Fimela bisa menerapkannya secara rutin dan konsisten, tidur akan terasa lebih nyenyak. Suasana hati pun akan menjadi lebih baik dan bisa meningkatkan kualitas hidup agar lebih bahagia. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading