Sukses

Lifestyle

SyariArt, Sarana Belajar Gambar dan Animasi yang Islami

Fimela.com, Jakarta Berangkat dari kekhawatiran para orangtua, dalam mendidik anak di era digital di mana penggunaan smartphone sering tak terkendali, serta maraknya konten yang kurang mengedukasi, dan tantangan lainnya yang harus dihadapi, kini telah hadir SyariART, sebuah wadah edukasi kreatif, khususnya di bidang gambar dan animasi, yang menjadikan ilmu syariat Islam sebagai landasan. 

Dengan kampanye Nge-Art Sesuai Syariat, SyariART yakin bahwa meskipun terdapat batasan dalam membuat sebuah karya seni, kita tetap dapat menghasilkan karya seni yang indah, dan justru bisa lebih mengeksplorasi kreativitas dengan adanya batasan tersebut.

Antusiasme yang tinggi

Mendapat antuasiasme dari para orangtua, akhirnya SyariART yang dinaungi oleh IP Studio Animasi Little Giantz, menggelar Grand Launching dengan tema “NgeART Bareng SyariART” pada Ahad, 17 September 2023, bertempat di Boxpark by Crooz, Jalan Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Acara ini dikemas dalam bentuk talkshow bersama Little Giantz, founder SyariART, serta ustad dewan penasihat SyariART, kemudian kegiatan trial class aktivitas anak di bidang mewarnai dan animasi, dan kajian parenting oleh psikolog klinis anak & remaja, kak Yogi Kusprayogi. 

Melalui acara ini, SyariART mengangkat tiga komponen penting yang menjadi 3 pilar utama berdirinya SyariART. Pertama, syariat Islam, yang menjadi landasan untuk mengetahui batasan- batasan dalam membuat sebuah karya, yang dalam hal ini akan disampaikan dalam setiap pertemuan di kelas. 

Kedua, pendidikan kreatif, yang menjadi wadah untuk eksplorasi minat dan bakat anak dalam bidang seni, serta mengasah kreativitas dan perkembangan anak melalui gambar dan animasi mulai dari dasar hingga dapat menghasilkan karya sendiri. Dan ketiga, ilmu parenting, karena orangtua adalah pendidikan pertama dan utama.  Ketiga pilar ini menjadi pondasi bagi SyariART, untuk menjadi creative learning space for moslem kids. 

Aktivitas seru

Grand Launching SyariART yang dimulai pukul 13.00 WIB ini dihadiri oleh lebih dari seratus keluarga yang berasal dari berbagai daerah sekitar Jabodetabek. Para pengunjung sangat antusias terhadap kegiatan ini, terutama untuk anak-anak yang mendapat kegiatan kelas seperti mewarnai dan animasi, yang dimentori langsung oleh ilustrator dan animator profesional dan berpengalaman. 

“Dengan adanya aturan-aturan yang berlaku dalam syariat Islam, bukan berarti kreativitas menjadi terbatas. Namun dengan aturan tersebut, justru kita akan semakin terpacu untuk menggali lagi kreativitas, menjadi lebih bersemangat untuk menghasilkan karya, dan ini bisa menjadi faktor yang membuat karya kita akan lebih bermakna.”, sebut Aditya Triantoro, CEO Little Giantz yang sudah menghasilkan berbagai karya animasi seperti Nussa, Trungtung, dan masih banyak lainnya. 

Usai seremonial grand launching SyariART, kegiatan dilanjutkan dengan membagikan hadiah kepada para pengunjung dan sholat ashar berjamaah. Dan yang paling ditunggu-tunggu juga 

Dalam sesi tanya jawab, Ustadz Ibrahim Saleh selaku dewan penasihat SyariART menyampaikan, “Seni adalah sesuatu yang indah. Jangan sampai keindahan itu membuat diri kita menjadi liar. Koridor syariat kita perlukan untuk menjaga hakikat keindahan itu.” 

adalah sharing bersama psikolog klinis anak dan remaja, kak Yogi Kusprayogi, dengan tema “Orangtua Suportif, Jadikan Anak kreatif”. 

“SyariART menjadi menjadi wadah dimana anak bisa belajar tentang seni, yang dipandu dan dibimbing sesuai batasan syariat. Mudah mudahan ini menjadi wasilah bagi anak anak untuk semakin baik dalam bertumbuh dan berkembang”, sebut Kak Yogi Kusprayogi, psikolog klinis anak dan remaja, yang datang jauh dari Yogyakarta, untuk turut berbagi ilmu parenting bersama SyariART. 

Grand Launching bertema “Nge-ART Bareng SyariART” ini berjalan dengan meriah dan diharapkan ikhtiar ini dapat membangun kerjasama yang baik antara SyariART dengan orangtua, untuk dapat bersama-sama menghasilkan generasi kreatif, berkualitas, dan bermanfaat. Instagram: @syariart.official Website: syariart.com 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading