Sukses

Lifestyle

5 Tips Memilih Kitchen Set yang Sempurna agar Terlihat Estetik

Fimela.com, Jakarta Dapur adalah jantung dari sebuah rumah. Dapur merupakan tempat untuk membuat masakan untuk keluarga. Maka dari itu, sebuah dapur harus didesain dengan sefungsional mungkin. Selain fungsional, dapur juga harus tertata dengan rapi.

Dapur yang cantik dan rapi sangat penting bagi setiap rumah. Pemilihan kitchen set atau kitchen furniture yang tepat akan membuat dapur terlihat lebih menarik. Ketika dapur terlihat lebih menarik, kita jadi lebih nyaman untuk menghabiskan waktu yang lama saat memasak. Saat ini, dapur tidak hanya dijadikan sebagai area untuk memasak saja. banyak dapur yang modern menjadi area dengan layout terbuka yang terhubung degan tempat makan atau ruang keluarga.

Mendesain dapur dan memilih kitchen set memang hal yang tidak mudah. Banyak orang yang telah menghabiskan waktu dan tenaganya untuk membuat dapur yang cantik dan fungsional. Namun, seringkali mereka merasa tidak puas dengan hasil akhirnya. Dilansir dari Futuristarchitecture.com, berikut adalah tips untuk membuat dapur terlihat estetik sekaligus fungsional, dengan memilih kitchen set yang sempurna.

1. Pertimbangkan fungsi dapur

Fungsi utama dapur adalah untuk memasak makanan. Namun, konsep dapur yang modern bisa lebih dari itu. Kita bisa menjadikan dapur sebagai satu ruangan dengan berbagai macam fungsi. Dapur dapat dijadikan sebagai tempat ideal untuk bersantai dengan keluarga dan teman-teman. Selain itu, dapur juga dapat dijadikan sebagai tempat yang nyaman untuk bekerja.

Jika menyukai aspek hiburan, dapur dengan konsep terbuka bisa menjadi pilihan yang ideal. Dapur terbuka yang terhubung dengan ruangan TV akan terlihat estetik ketika kita dapat mengatur tata letaknya secara strategis. Sebuah kitchen island yang dipadukan dengan tempat duduk di tengah-tengah dapur akan terlihat cantik pada dapur dengan konsep terbuka. Dengan menambahkan kursi dan kitchen island di area dapur, ruangan ini menjadi tempat yang sempurna bagi Sahabat Fimela yang workaholic.

2. Sesuaikan dengan layout

Pertimbangkan terlebih dahulu ukuran dapur seblum membeli kitchen set. Meskipun tidak mudah, menentukan layout dapur yang fungsional adalah hal yang penting. Ketika sudah menentukan layout dapur yang fungsional, selanjutnya tentukan kitchen set yang sesuai dengan ukuran layout dapur. Menyesuaikan kitchen set dengan layout dapur akan membuat dapur terlihat lebih cantik.

Untuk ruangan kecil, layout dapur berbentuk L sangat ideal untuk dijadikan pilihan. Jika dapur kecil dan panjang, kitchen galley atau dapur dengan lorong adalah pilihan yang ideal. Saat mengatur tata letak dapur, pastikan untuk membuat wastafel, kulkas, dan kompor saling berdekatan supaya lebih nyaman saat menggunakan dapur.

3. Warna yang senada

Menentukan skema warna untuk dapur adalah hal yang sangat penting. Jika skema warna dapur sudah ditentukan, pastikan untuk memilih kitchen set yang sesuai dengan skema warna tersebut agar dapur terlihat sempurna. Misalnya, jika memutuskan untuk memilih warna putih, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu. Perbedaan tone warna putih akan berpengaruh besar pada tampilan dapur. Warna putih dengan tone yang dingin akan membuat dapur memiliki nuansa biru, sedangkan warna putih dengan tone yang hangat akan membuat dapur memiliki nuansa kuning.

 

4. Memilih bahan

Memilih kitchen set dengan kualitas bahan yang baik mungkin terlihat sepele. Akan tetapi, jika dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yang tersedia, kita pasti akan merasa bingung. Peralatan dapur dengan bahan stainless steel akan terlihat cantik dengan konsep dapur modern. Jika menginginkan dapur dengan konsep rustic style, perabotan dapur dengan finishing kayu dan tembaga akan cocok sebagai pilihan. Di sisi lain, Sahabat Fimela mungkin bisa menciptakan kombinasi kitchen set dengan konsep dapur yang sesuai gaya dan selera.

 

5. Perkirakan budget

Dapur adalah salah satu ruangan yang mahal untuk dibuat. Membuat dapur memerlukan barang-barang esensial, seperti kompor, kulkas, wastafel, kabinet, dan sebagainya. Kita semua tahu bahwa harga barang-barang tersebut tidaklah murah. Maka dari itu, sebelum membeli kitchen set, perkirakan dahulu budget yang akan digunakan. Dengan demikian, Sahabat Fimela dapat memilih kitchen set yang sesuai budget dengan lebih mudah.

Kita sering mendengar ungkapan "ada harga, ada kualitas", sebenarnya sah-sah saja saat kita mempersiapkan budget yang banyak untuk membeli kitchen set yang berkualitas. Hal tersebut bisa menjadi sebuah investasi karena nantinya dapur adalah tempat yang kita gunakan selama bertahun-tahun. Pintar-pintarlah untuk memilih kitchen set dengan kualitas yang bagus dan harga yang sesuai budget.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading