Sukses

Lifestyle

Pentingnya Mandiri secara Finansial bagi Kaum Perempuan

Fimela.com, Jakarta Memiliki pengelolaan finansial yang mandiri merupakan hal yang penting karena selain dapat menunjang kebutuhan diri, adanya finansial yang cukup dapat membantu untuk terhindar dari hutang serta permasalahan keuangan lainnya. 

Namun saat ini masih ada perempuan yang mengalami keterbatasan untuk mencapai mandiri secara finansial yang baik. Faktor seperti lingkungan serta kurangnya pengetahuan akan pentingnya mengatur pengeluaran dapat menjadi hambatan mengapa seseorang tidak dapat mencapai mandiri secara finansial  yang baik. Hal terpenting lainnya adalah pengelolaan finansial yang mandiri juga tidak hanya harus dimiliki oleh laki-laki tetapi juga perempuan. Bagaimana cara mencapai finansial mandiri yang baik? Berikut rangkuman informasi dari Fimela untuk kamu yang ingin mencapai pengelolaan finansial yang mandiri. 

Apa itu keuangan independen bagi perempuan?

Dilansir melalui laman Clever Girl Finance, keuangan independen perempuan adalah bagaimana perempuan dapat mensupport diri mereka secara finansial dan mencapai keuangan yang mereka inginkan. Sebagian orang juga melihatnya sampai ke tidak perlu untuk bekerja karena investasi yang dilakukan. 

Namun, tentu saja kunci terpenting keuangan independen memiliki 2 kunci yaitu menabung serta mempersiapkan keuangan sehingga kamu dapat melakukan apa yang ingin kamu lakukan. Untuk sebagian orang ini adalah pensiun dini; namun untuk sebagian orang lagi, keuangan independen adalah kemampuan untuk pergi ke tujuan yang kamu mau, memiliki kehidupan yang layak, serta dapat membayar apa yang kamu inginkan. Ini semua adalah bagaimana mengelola keuangan. 

Alasan penting mengapa perempuan harus memiliki keuangannya sendiri

Dilansir melalui laman Let’s learn to earn together, Mandiri secara keuangan adalah kemampuan untuk menunjang diri tanpa bantuan orang lain. Untuk para perempuan hal ini sangatlah penting karena:  

1. Pemberdayaan 

Ketika perempuan memiliki keuangan yang mandiri mereka dapat membuat keputusan akan pilihan hidup mereka. 

Mereka tidak perlu untuk mengandalkan orang lain untuk menyediakan sesuatu untuk mereka atau membuat keputusan untuknya. Dengan adanya pemberdayaan untuk perempuan dengan keuangan yang mandiri ini dapat meningkatkan percaya diri serta apresiasi diri. 

2. Keamanan 

Dengan memiliki keuangan yang mandiri, para perempuan di sana juga akan merasa lebih aman. Aman di sini juga tidak hanya keamanan secara general.

Perempuan yang memiliki keuangan secara independen dapat mengatasi kondisi buruk yang unexpected pula seperti kehilangan pekerjaan, sakit, ataupun mengalami hubungan yang toksik dengan orang tanpa perlu adanya support dari orang lain. 

3. Kebebasan 

Keuangan yang mandiri juga memberikan kebebasan pada perempuan. Perempuan dengan kemampuan finansial yang baik dapat memiliki opsi lebih seperti karir, kehidupan personal, serta masa depannya. 

Mereka dapat memilih untuk bekerja, meraih passion yang diinginkan maupun keliling dunia tanpa mengkhawatirkan permasalahan finansial.

Dobrak tradisi peran gender

Dilansir melalui laman resmi Let’s Learn to Earn Together, alasan lain mengapa perempuan harus memiliki finansial yang mandiri adalah mendobrak tradisi peran gender yang masih konservatif. Untuk waktu yang lama, perempuan selalu mengurus berbagai keperluan dan diharuskan  untuk mengandalkan keuangan dari pasangannya. Hal ini dapat membatasi perempuan untuk memaksimalkan kemampuan mereka. 

Dengan menjadi seorang perempuan yang mandiri secara finansial, mereka dapat menciptakan peluang untuk mereka seperti mencapai karir yang lebih baik tanpa dihantui rasa takut akan permasalahan keuangan serta kebebasan lebih akan pilihan untuk hidup mereka.

Cara untuk mencapai mandiri secara finansial

Dilansir melalui laman resmi Clever Girl Finance, berikut adalah cara untuk perempuan agar memiliki kemampuan untuk menjadi mandiri secara finansial:  

1. Ubahlah pola pikirmu  

Sebelum kamu memulai, cobalah cari tahu arti dari kemampuan finansial yang mandiri dan bagaimana hal tersebut dapat mengubah kehidupanmu. Jika kamu memiliki kebiasaan yang “buruk” akan keuangan seperti rasa takut untuk mengelolanya, sekarang saatnya untuk berubah. 

Dan ingat, selama kamu terus mengasah kemampuan finansial mu, maka pola pikirmu juga akan menjadi lebih baik dan terus terasah. Bangun pagi setiap hari dan berikan afirmasi positif untuk diri seperti “Aku bisa menghasilkan uang sebanyak apapun” dan “Aku pandai mengatur keuangan” adalah waktu yang baik untuk memulai hari.  

2. Tingkatkan pemahaman mengenai dunia keuangan

Jika kamu ingin memiliki kemampuan finansial mandiri yang baik, kamu dapat memulainya dengan membaca bacaan yang berhubungan dengan dunia keuangan. Lakukan riset mengenai istilah keuangan seperti menabung, investasi, dan apapun yang berkaitan dengan uang. Kamu bisa mendapatkannya melalui podcast, buku bacaan, maupun blog

Cobalah untuk cari tahu jawaban atas pertanyaan ataupun hal yang kamu tidak mengerti, dan jangan takut untuk bertanya kepada teman maupun ahli yang mengerti karena dengan terus belajar melalui jawaban dari pertanyaan adalah bagian terpenting dalam meningkatkan kemampuan bacaan.

3. Buatlah sistem pengaturan untuk pemasukan dan pengeluaran 

Terakhir buatlah sistem budget untuk pemasukan dan pengeluaran. Kamu bisa memilih 1 hari di antara hari senin hingga jumat, misalnya pada hari Jumat kamu lakukan budgeting. Lakukan secara rutin hingga dapat menjadi kebiasaan yang kamu lakukan. 

Kamu tidak perlu untuk mengatur budget setiap harinya. Namun pastikan untuk selalu berada dalam trek limit ketika kamu ingin menghabiskannya untuk hal tertentu, sehingga pencapaian atas pengelolaan keuangan yang mandiri dapat tercapai.

 

*Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading