Sukses

Lifestyle

5 Cara Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Untuk Menjaga Lingkungan Sekitar

Fimela.com, Jakarta Lingkungan yang bersih dan nyaman tentunya akan membuat siapa pun yang tinggal di sekitarnya jadi nyaman. Begitu pula dengan lingkungan di sekitarmu. Coba perhatikan, apakah lingkungan di sekitarmu sudah bersih dan membuatmu nyaman? Kalau kamu melihat banyak sampah, berarti lingkungan tersebut belum bisa dibilang bersih dan nyaman ditinggali.

Apalagi jika sampah yang ada adalah sampah plastik yang sulit terurai. Bahkan menurut sebuah penelitian, sejak pertama kali kantong plastik diciptakan pada 1959, 60 persen masih ada dan terhitung mencemari lingkungan sampai tahun 2015. Apalagi Indonesia termasuk negara penghasil sampah terbesar di dunia.

Mengurangi pemakaian plastik memang bisa membantu menjaga lingkungan, namun perlu diiringi dengan gaya hidup yang ramah lingkungan. Cara melakukannya tak susah kok, asalkan kamu benar-benar berniat untuk melakukan gaya hidup ini. Berikut 5 cara melakukan gaya hidup ramah lingkungan untuk menjaga lingkungan agar tetap asri.

1. Masak Sendiri

Ternyata masak sendiri termasuk gaya hidup yang ramah lingkungan lho, Sahabat Fimela! Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada saat ini sudah banyak aplikasi online yang menawarkan untuk mengantarkan makanan yang dipesan sampai ke rumahmu. Memang memudahkan sih, namun sayangnya proses pengantaran ini memerlukan banyak sekali plastik.

Ketika kamu memesan makanan, coba hitung berapa banyak plastik yang kamu dapatkan. Dibandingkan dengan memasak sendiri, kamu pasti sudah mengurangi banyak sampah plastik yang berpotensi terbuang dan menumpuk.

2. Daur Ulang Kemasan Plastik

Kalau kamu harus menggunakan kemasan plastik, kamu bisa mendaur ulang sebelum membuangnya. Namun ingat, tak semua kemasan plastik bisa langsung kamu buang. Ada beberapa kemasan plastik yang bisa kamu daur ulang.

Coba perhatikan bagian bawah plastik. Jika tertulis keterangan 1(PET), maka kemasan plastik tersebut dapat diterima oleh perusahaan daur ulang. Lalu luangkan waktu sebentar untuk mencari perusahaan daur ulang di dekat tempat tinggalmu. 

3. Beli Ukuran Besar

Cara lain untuk mewujudkan gaya hidup yang ramah lingkungan adalah dengan membeli barang dengan ukuran besar. Misalnya membeli pewangi pakaian. Biasanya pewangi pakaian yang berukuran kecil dijual serenteng dan membutuhkan lebih banyak plastik dibandingkan pewangi pakaian yang berukuran besar sekaligus. Selain ramah lingkungan, membeli ukuran besar juga bisa membuatmu hemat karena hanya perlu membelinya tiap beberapa waktu sekali saja.

4. Hemat Air dan Listrik

Untuk menghasilkan listrik dan air, diperlukan energi yang cukup besar. Sayangnya, energi yang digunakan untuk menghasilkan air dan listrik itu termasuk energi yang bisa habis atau tidak bisa diperbarui. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan gaya hidup ramah lingkungan dengan cara menggunakan lampu atau peralatan elektronik secukupnya. Misalnya seperti matikan air dan listrik ketika sudah tidak digunakan.

5. Bawa Kantong Belanja Sendiri

Mengurangi sampah plastik juga merupakan cara untuk melakukan gaya hidup ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan membawa kantong belanja sendiri.  Alangkah baiknya jika kamu bisa bawa tas belanja berbahan kain yang kuat dan bisa dipakai terus-menerus. Carilah tas belanja dengan berbagai ukuran agar bisa disesuaikan dengan belanjaanmu. Dengan begitu kamu akan sangat mengurangi penggunaan kantong plastik.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai menjalani gaya hidup yang ramah lingkungan. Mungkin awalnya memang sulit, namun jika sudah terbiasa maka akan terasa mudah dan akan jadi kebiasaanmu sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading