Sukses

Lifestyle

Resmi Dibuka Desa Seni Ganara Hadirkan Kesenian untuk Semua

Fimela.com, Jakarta Menghadirkan seni & budaya dalam satu pengalaman imersif, Ganara Art bersama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) meresmikan Desa Seni Ganara menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Indonesia, dan menjadi taman seni terbesar di Jakarta yang terbentang lebih dari 10,000 m2.

“Mimpi besar Ganara Art adalah Seni Untuk Semua. Selaras dengan harapan Taman Mini Indonesia Indah untuk memberikan kesempatan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengalami kebudayaan Nusantara dalam satu lokasi yang kaya oleh budaya, maka Desa Seni Ganara hadir untuk melengkapi pengalaman ini dengan kegiatan seni interaktif, kreasi seni digital, rekreasi seni di taman dan beragam galeri serta wadah berkegiatan untuk semua lapisan masyarakat. Desa Seni Ganara juga menjadi wadah masyarakat bisa berinteraksi dengan belasan seniman serta toko buku langka, yang terus melanjutkan berkarya meneruskan yang sudah dirintis di Desa Seni sebelumnya," ujar Tita Djumaryo, Founder dan CEO Ganara Art. 

Ganara Art merupakan lembaga pendidikan seni budaya yang didirikan oleh pendidik seni, Tita Djumaryo pada tahun 2013, dan telah merambah ke berbagai titik di Jakarta dan Makassar; diantaranya Ganara Art Hublife di Jakarta Barat, Ganara Art Rumah Wijaya dan Ganara Art ASHTA District 8 di Jakarta Selatan, Ganara Art PIK Avenue di Jakarta Utara, Ganara Art Plaza Indonesia di Jakarta Pusat, serta Ganara Art Nipah Park di Makassar.

Desa Seni Ganara Jadi Area Pusat Seni

Desa Seni Ganara dibangun melampaui kelas-kelas melukis dan membuat keramik. Pengunjung akan mendapati studio-studio untuk seniman residensi, ruang-ruang workshop beragam material, tungku pembakaran keramik, area galeri dan pameran, hingga restoran dan perpustakaan. Semuanya tersedia dalam one-stop art experience centre yang akan memenuhi kebutuhan petualangan artistik pengunjung Taman Mini.

Claudia Ingkiriwang, Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia selaku pengelola TMII menambahkan, “Sebagai taman besar, yang bercerita tentang Indonesia, kami sangat gembira menyambut kedatangan Ganara Art sebagai sebuah Art Space. Ganara Art tentunya akan melengkapi pengalaman pengunjung saat datang di TMII. Selain menjelahi dan menjadi bagian dari Budaya Indonesia, kini pengunjung juga bisa mengeksplorasi Seni di sini. TMII berkomitmen memberi ruang ruang ekspresi bagi para pelaku seni dan juga penikmat seni agar terus bisa mengembangkan seni. Dengan suasana yang nyaman, lengkap, dan harga yang terjangkau diharap kedatangan Ganara Art menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika datang ke TMII.”

Mengembangkan bentuk analog dan digital, Desa Seni Ganara secara khusus mendedikasikan satu gedung yang diberi nama Galeri Seni Digital (Digital Art Gallery). Pengunjung akan mengalami pertunjukan ruang alam futuristik yang mengakomodasi ekspresi kreatif dan bersifat interaktif. Digital Art Exhibition “Beyond Canvas” dengan tema Revolutionary Road akan menyambut pengunjung di Galeri Seni Digital sepanjang pembukaan Desa Seni Ganara. 

Setelah peresmian yang diadakan terbatas pada 14 Agustus 2023, Desa Seni Ganara kemudian akan dibuka untuk umum pada tanggal 15 Agustus 2023. Merayakan peresmiannya, beragam promo kelas dan instalasi seni telah disiapkan, dikemas dalam tajuk Piknik di Desa Seni Ganara dan Pose, Post, and Play. Pose, Post, and Play merupakan challenge bagi pengunjung untuk berfoto di satu spot yang telah ditentukan dan akan mendapatkan free satu sesi kelas All Day Art Activity yang berdurasi 45 menit dan tentu saja karya dapat dibawa pulang oleh peserta.

Hadir dengan Beragam Lomba untuk Sambut 17-an

Tidak ketinggalan, kamu dapat mengikuti lomba-lomba khas 17-an tanpa dipungut biaya apapun. Hadiah menarik telah disiapkan bagi para pemenang lomba. Selain itu, terdapat pula kelas-kelas workshop yang ditujukan untuk orang dewasa dan anak-anak. Kali ini, pengunjung akan diajak untuk membuat sabun dan aksesoris dari manik-manik. Soap Making Workshop dan Beads Workshop ini dapat diikuti dengan harga Rp200,000/workshop dengan pendaftaran melalui website https://www.ganara.art/ganara. 

Tidak berhenti pada acara pembukaan, persembahan menarik menanti para wisatawan Taman Mini dan Desa Seni Ganara di sepanjang Agustus dan September, diantaranya adalah ruang eksibisi digital yang dapat diakses secara gratis, serta kelas All Day Art Activity yang dapat diikuti dengan harga mulai dari Rp50,000/kegiatan; Rp90,000 untuk 2 kegiatan atau 2 pax; dan Rp120,000 untuk 3 kegiatan atau 3 pax. Pilihan kegiatan yang tersedia diantaranya adalah melukis di beragam pilihan media (painting), membuat tembikar buatan tangan (pottery handbuilt), dan membuat tembikar dengan menggunakan meja putar (pottery wheel). Menambah Rp10,000, peserta kelas akan mendapatkan free satu gelas Lemon Ice Tea yang dibuat langsung di Desa Seni Ganara.

Memasuki bulan September, pengunjung dapat mengikuti kelas-kelas dengan jadwal reguler serta special workshop dari Ganara Teachers dan seniman yang akan memfasilitasi peserta untuk mempelajari teknik seni secara mendalam. Workshop-workshop akan hadir dalam beragam tema dan media, mulai dari tembikar, besi, kayu, kaca, hingga kulit dan kain.

Berada di pusat wisata budaya, Desa Seni Ganara diharapkan menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan bagi masyarakat Indonesia dalam menjelajahi keunikan nusantara. Menjadi salah satu bagian penting dari miniatur Indonesia yang mewakili khazanah pengetahuan, ragam seni, dan budaya dari seluruh provinsi di Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading