Sukses

Lifestyle

5 Sikap agar Bisa Mengatasi Cobaan Hidup yang Berat

Fimela.com, Jakarta Cobaan, masalah, dan ujian akan selalu menyertai perjalanan hidup kita. Bahkan ketika satu masalah baru selesai, muncul lagi masalah baru yang harus dihadapi dan diatasi. Menghadapi cobaan hidup yang berat memang tak mudah, tetapi bukan berarti kita hanya bisa menyerah dan pasrah.

Agar bisa tetap kuat dan tidak terpuruk terlalu lama dalam menghadapi cobaan hidup, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Bisa dimulai dengan menerapkan sikap berikut ini.

 

 

1. Mau Memproses Emosi

Saatnya untuk mulai belajar memproses emosi dengan lebih baik lagi. Mengutip buku How to Respect Myself, mengendalikan emosi sama dengan mengendarai mobil. Mobil bagus akan menjadi barang tak berguna jika tidak menuruti pengendaranya atau kita yang tak bisa mengendarainya. Agar bisa lebih terarah dalam mengendalikan emosi, kita perlu mengenali dan menamai emosi yang kita rasakan. Mengingat ketika masalah berat datang kita bisa sulit berpikir jernih, maka kita perlu luangkan waktu secukupnya untuk memproses emosi agar tidak makin tertekan.

 

 

2. Mau Berlatih untuk Ikhlas

Cobalah untuk belajar ikhlas. Dorong dan semangati diri untuk berlatih ikhlas. Di saat kita ikhlas dengan keadaan kita, Sang Pencipta akan merencanakan kebahagiaan untuk kita. Cobaan hidup yang berat akan memberi pelajaran dan hikmah penting untuk kita, dan untuk bisa bertahan hadapi situasi yang tak menyenangkan itu adalah melepaskan hal-hal yang memang tak bisa kita kendalikan. Sehingga hati bisa terasa lebih lapang lagi.

 

 

3. Mau Lebih Menyayangi Diri

Cobaan hidup yang berat jangan sampai membuatmu berpikiran sempit. Dalam arti jangan sampai kamu melakukan tindakan gegabah yang malah hanya akan membahayakan dirimu. Lakukan hal-hal yang bisa membuat hatimu tenang. Asal tidak membahayakan diri atau merugikan siapa pun, kita bisa melakukan sesuatu untuk redakan rasa tidak nyaman di dalam diri. Sayangi kembali diri, maka masa sulit akan lebih mudah untuk dilalui.

 

 

4. Mau Berprasangka Baik

Ketika dihadapkan pada cobaan hidup yang berat, kita mungkin akan terus menerus berpikiran buruk. Seakan-akan semua hal yang terjadi di dunia ini tidak ada yang pernah berpihak kepada kita. Sebelum makin tenggelam dalam prasangka buruk, coba hadirkan prasangka baik. Hadirkan harapan-harapan baik yang bisa membantumu untuk kembali tersenyum dan melangkah lagi.

 

 

5. Mau Menyesuaikan Diri

Cobaan hidup hadir untuk mendatangkan perubahan baru dalam hidup. Ketika kamu mau berusaha untuk lebih adaptif, kamu bisa lebih mudah hadapi situasi sulit. Dengan bersikap lebih fleksibel atau luwes, kamu bisa lebih mudah bertahan hadapi angin dan tidak patah ketika diterpa hujan. Sikap adaptif bahkan bisa menyelamatkanmu dari situasi yang lebih buruk.

Semoga apa pun cobaan hidup yang saat ini kamu hadapi bisa segera teratasi dengan baik, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading