Sukses

Lifestyle

5 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sederhana agar Hati Tenang Tanpa Beban

Fimela.com, Jakarta Banyak orang membicarakan gaya hidup sederhana namun salah memaknainya. Menerapkan hidup sederhana bukan sekedar mengurangi aktivitas media sosial atau menghilangkan gaya konsumtif, namun berfokus pada hal yang penting dan berharga bagimu. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari menerapkan hidup sederhana, salah satunya ketenangan hati hingga kesehatan mental.

Meski terdengar mudah, butuh fokus dan tekad untuk menerapkan gaya hidup sederhana. Hidup sederhana akan terasa lebih memuaskan karena kamu dapat menginvestasikan waktu dan energi untuk hal yang penting. Bagaimana cara menerapkannya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Menyadari Apa yang Penting Untukmu

Sadarkah kamu bahwa saat sibuk mengejar tuntutan hidup membuatmu melupakan orang-orang terpenting bagimu? Misalnya sibuk kerja sampai lupa dengan keluarga, bahkan dirimu sendiri. Pola hidup ini akan membuatmu kewalahan dan menyesal nantinya. Coba sadari apa saja yang penting untukmu saat ini. Keluarga? Teman? Pasangan? Luangkanlah waktu lebih banyak untuk mereka. Dengan begitu, waktu yang dijalankan setiap harinya akan terasa lebih berharga dan memuaskan.

2. Investasikan Waktu untuk Hal yang Bermanfaat

Waktu sangat berharga, maka gunakan sebaik mungkin. Melakukan hal tidak berguna hanya akan membuatmu lelah dan merasa cemas akibat kehilangan. Daripada menghabiskan waktu untuk menghamburkan uang, cobalah untuk menikmati hobi atau perdalam minatmu. Dengan begitu waktu yang digunakan tidak akan membuatmu menyesal, bahkan lebih bahagia.

3. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Menyelam terlalu lama pada media sosial bisa menyebabkan cemas. Tak jarang juga tiap orang akan berlomba untuk menjadi yang paling populer demi mendapat simpati khalayak media. Daripada melakukan hal tersebut, fokuslah pada kehidupan nyata. Mengurangi penggunaan media sosial akan membuatmu lebih tenang karena tidak merasa iri dengan hidup orang lain.

4. Jadi Lebih Hemat

Trend fashion yang selalu berubah tiap waktu akan membuat dompetmu terkuras hanya untuk merombak isi lemari. Jadilah lebih hemat dimulai dari mengurangi budget belanja. Membeli pakaian baru boleh saja, namun pertimbangkan jangka penggunaannya. Pilih pakaian yang bersifat timeless dan berkualitas. Dengan begitu, biaya untuk membeli pakaian baru dapat dialokasikan pada pengeluaran yang lebih penting.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Iringi hidup sederhana dengan gaya hidup sehat. Rutinlah berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan miliki istirahat berkualitas. Bila perlu, lakukan meditasi untuk mendapat ketenangan. Tubuh dan mental yang sehat akan membuat hidup lebih damai dan memuaskan.

Menerapkan gaya hidup sederhana dapat meningkatkan kualitas hidup. Kunci utamanya adalah fokus pada diri sendiri dan hal yang berharga untukmu.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading