Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Bisa Membuatmu Lebih Kuat Jalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Menjalani hidup dengan semua dinamikanya memang tak mudah. Ada banyak hal tak nyaman yang perlu kita hadapi dan terima sebagai bagian dari proses perjalanan hidup kita. Bahkan berbagai cobaan dan ujian hidup pun datang silih berganti.

Agar bisa lebih kuat menjalani hidup, ada sejumlah sikap yang perlu kita kedepankan. Seperti sikap-sikap berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Sikap Mau Berpikiran Terbuka

Mengutip buku Menjadi, "Berpikiran terbuka berarti juga mampu mengendalikan rasa tidak nyaman dari pertentangan terhadap sebuah kesimpulan yang sebenarnya kita pegang dengan sepenuh hati, mungkin memperbarui kesimpulan tersebut, atau bahkan sekadar semakin tidak yakin dengan kesimpulan apa pun." Dengan sikap mau berpikiran terbuka kamu tak akan akan gampang stres menghadapi situasi baru. Bahkan kamu bisa memiliki pemahaman yang lebih luas dalam setiap persoalan yang kamu hadapi.

 

 

2. Sikap Mau Berkembang

Saat kamu bisa menerapkan konsep growth mindset (pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan itu dapat tumbuh), maka kamu akan terus termotivasi untuk menjalani hidup sebaik mungkin. Setiap masalah dan cobana dalam hidup pun kamu hadapi dan terima sebagai bagian dari proses pendewasaan diri. Dengan sikap mau berkembang, kamu bisa memiliki mental yang lebih kuat dalam menjalani kehidupanmu.

 

 

3. Sikap Mau Menyesuaikan Diri

Ada kalanya kita harus menerima sesuatu dengan apa adanya dan tak punya kendali untuk mengubah apa pun. Dalam menyikapi hal ini, kamu perlu berusaha menyesuaikan diri. Setidaknya dengan kemampuan menyesuaikan ekspektasi kamu bisa lebih bahagia. Mengutip buku Merawat Luka Batin, untuk mendapatkan kebahagiaan, kadang kita perlu belajar melepaskan sesuatu, yaitu harapan akan kesempurnaan. Ada rumus sederhana kebahagiaan, yaitu kebahagiaan adalah harapan dikurangi realitas. Dengan sikap mau menyesuaikan harapan, maka kamu pun bisa lebih mudah bahagia dalam menjalani hidup.

 

 

4. Sikap Mau Bersyukur

Ya, bersyukur bisa menjadi salah satu cara agar kamu lebih kuat dalam menjalani hidup. Bisa bersyukur dengan semua yang sudah kamu miliki saat ini dapat menjadi modal yang memperkuat mentalmu untuk menjalani hidup dengan hati yang lebih lapang. Hati yang lebih lapang dan kuat pun dapat menjadi modal penting untuk bisa kuat hadapi segala badai kehidupan yang kamu hadapi.

 

 

5. Sikap Mau Menghargai Setiap Proses

Dalam hidup kadang hasil memang tak sesuai harapan. Ada hasil yang bahkan di luar keinginan. Sesuatu yang sudah diperjuangkan dengan penuh kerja keras pun bisa saja hasilnya jauh dari impian. Namun, ketika kamu bisa menghargai setiap proses yang sudah kamu lakukan dan mengapresiasi setiap usaha yang kamu jalani dalam hidupmu, maka kamu bisa lebih kuat lagi dalam menjalani rutinitasmu.

Semoga kamu bisa senantiasa bahagia sekaligus kuat dalam menjalani hidupmu, ya. Terima kasih sudah bertahan hingga sampai ke titik ini sebaik mungkin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading