Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Cerdas yang Berdaya Juang Tinggi

Fimela.com, Jakarta Pola pikir kita bisa memengaruhi kualitas hidup kita. Ada konsep menarik tentang pola pikir yang diperkenalkan oleh profesor di bidang psikologi dari Universitas Stanford, Carol Dweck pada 1980-an. Dia menyimpulkan ada dua pola pikir yang dimiliki manusia, yaitu fixed mindset dan growth mindset.

Mengutip buku Almost Adulting, fixed mindset mengacu pada pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan itu statis. Sementara growth mindset adalah pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan itu dapat tumbuh. Kali ini kita akan membahas ciri orang cerdas dari pola pikir growth mindset yang dimilikinya. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Suka Mencoba Hal Baru

Bagi kamu yang suka mencoba hal baru karena meyakini bahwa kecerdasan dapat terus tumbuh, maka kamu akan senantiasa memiliki daya juang yang lebih kuat. Setiap dari tiap usahamu mencoba hal baru akan selalu ada pengalaman dan pelajaran yang memperkaya jiwa dan kehidupanmu. Kamu pun bisa lebih tenang dalam menyikapi setiap persoalan dan masalah baru yang hadir sebab kamu menyikapinya sebagai bagian dari proses pendewasaan diri.

 

 

2. Tidak Takut terhadap Tantangan

Tantangan memang bisa tampak menakutkan. Bahkan bisa membuat nyali kita ciut. Tapi saat kamu berani menghadapi tantangan, kamu telah menerapkan konsep growth mindset. Kamu tidak gampang menyerah dalam menghadapi tantangan baru dalam hidup, dan ini membuatmu bisa lebih mudah mengelola stres dan dapat berpikir lebih jernih dalam mencari jalan keluar terbaik dari setiap persoalan yang ada.

 

 

3. Menyikapi Kegagalan dengan Bijak

Kamu mempercayai bahwa kesuksesan dan kecerdasan adalah bagian dari proses bertumbuh untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika sukses kamu bisa menyikapinya sebagai motivasi baru untuk membuat hidup lebih bermakna. Saat kamu gagal, kamu pun tak lantas menyerah. Sebab kamu akan memilih untuk selalu bangkit dari kegagalan dan kembali melangkah ke depan. Kecerdasanmu pun bisa terus tumbuh dengan keberanianmu untuk bangkit dari kegagalan yang ada.

 

 

4. Punya Semangat Memperbaiki Diri

Dengan menerapkan growth mindset, kamu akan terus terpacu untuk mengembangkan dan memperbaiki diri. Ketika mendapat saran dan masukan dari oran lain, kamu bisa menerimanya dengan terbuka. Lalu, kamu tergerak untuk memperbaiki diri sesuai dengan kritik yang membangun. Kamu tak menutup diri dari hal-hal baik yang bisa membantumu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat meskipun jalan yang dilalui menyakitkan.

 

 

5. Mau Berusaha Lebih Keras saat Menghadapi Hambatan

Orang yang berdaya juang tinggi akan bersemangat untuk berusaha lebih keras saat menghadapi hambatan. Akan termotivasi dan terdorong untuk mau bekerja dan berusaha lebih keras demi hasil yang lebih baik. Karakter ini pun bisa mendorongmu untuk terus mengasah ketajaman pikiranmu dan membuatmu bisa makin cerdas lagi.

Itu tadi lima ciri umum orang yang cerdas dan bisa menerapkan growth mindset. Semoga kamu pun termasuk dalam golongan orang ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading