Sukses

Lifestyle

7 Tips Diet Sehat, Mudah, dan Hemat

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang diet sehat harus mahal dan sulit? Diet sehat bukanlah tentang mengorbankan seluruh isi dompet untuk mengikuti tren-tren diet yang mahal. Sebaliknya, diet sehat adalah tentang memilih pilihan makanan yang tepat dan mengelola anggaran dengan bijak.

Lalu bagaimana caranya diet sehat, mudah, dan hemat? Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjalani diet yang sehat tanpa menguras kantong dan menyulitkan diri sendiri.

1. Prioritaskan makanan yang dimasak sendiri

Dilansir dari Mayo Clinic, memasak makanan sendiri dengan bahan-bahan alami yang segar seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan protein nabati secara mandiri jauh lebih hemat dan bergizi dibandingkan membeli makanan yang sudah diolah. Selain itu, selama diet sebaiknya hindari juga makanan olahan yang biasanya mengandung banyak tambahan bahan kimia dan gula.

2. Rencanakan menu makan

Buatlah daftar belanja dan rencanakan menu makanmu sebelum pergi ke supermarket. Dengan cara ini, akan membantu kamu menghindari pembelian impulsif dan memastikan kamu membeli bahan-bahan yang sehat dan sesuai dengan rencana dietmu.

3. Hindari minuman manis

Hentikan kebiasaanmu yang suka minuman manis dengan air putih, teh herbal, atau infused water. Sebab, minuman manis sering mengandung kalori tinggi dan gula tambahan yang dapat mengganggu diet sehatmu bahkan dapat menjadi penyebab diabetes.

Sebagai alternatif lainnya, sebaiknya ganti minuman manis dengan air putih atau air mineral adalah pilihan yang lebih baik untuk menjaga hidrasi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kamu juga dapat mencoba menambahkan irisan lemon, jeruk, atau mint ke dalam air untuk memberikan sedikit rasa alami tanpa menambahkan kalori tambahan.

4. Sediakan bekal makanan

Apabila kamu ingin diet hemat serta dapat mengontrol apa yang ingin kamu makan, sebaiknya bawalah bekal makanan ke tempat kerja atau sekolah. Dengan membawa makanan sendiri, kamu dapat mengontrol apa yang kamu makan dan menghindari godaan makanan tidak sehat di luar.

5. Manfaatkan sumber protein yang murah

Dilansir dari National Health Service (NHS), protein adalah nutrisi penting untuk membantu menjaga kenyang lebih lama dan membangun energi yang baik dalam tubuh. Dalam mengatur asupan selama diet, kamu bisa menambahkan sumber protein yang terjangkau seperti telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

6. Mengatur porsi makan

Mengatur porsi makan adalah salah satu aspek penting dalam menjalani diet sehat. Banyak dari kita tergoda untuk menghabiskan makanan yang berlebihan, terutama jika kita terbiasa dengan piring yang besar dan terisi penuh. Namun, dengan menggunakan piring yang lebih kecil, kita dapat membantu mengontrol porsi makan dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

Selain itu, penggunaan piring yang lebih kecil juga membatasi kapasitas makanan yang bisa kita letakkan di atasnya. Kita cenderung mengisi piring kita dengan makanan sebanyak yang bisa muat. Dengan piring yang lebih kecil, kita secara otomatis mengurangi jumlah makanan yang kita sajikan

7. Minum air cukup

Dilansir dari American Heart Association, air adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain membantu menjaga hidrasi, minum air yang cukup juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya adalah membantu mengendalikan nafsu makan. Ketika tubuh kita tidak cukup terhidrasi, terkadang sinyal haus bisa keliru dan kita merasakan rasa lapar padahal sebenarnya kita hanya membutuhkan air.

Selalu ingat untuk minum air secukupnya sepanjang hari, terutama saat merasa haus atau saat beraktivitas fisik. Kebutuhan air setiap individu dapat bervariasi, tetapi konsumsi air sekitar 8 gelas per hari seringkali disarankan sebagai pedoman umum.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading