Sukses

Lifestyle

Penyebab Wajah Terasa Gatal dan Muncul Bentol Merah

Fimela.com, Jakarta Pernahkah wajahmu terasa gatal hingga menimbulkan bentol merah? Tentunya hal tersebut sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Selain itu, bentol merah di wajah juga cukup mengganggu penampilan. Wajah yang gatal akan membuat kamu terus terusan menggaruk dan akhirnya seluruh wajah jadi memerah karena digaruk.

Untuk mengatasinya, kamu perlu tahu dulu penyebab wajah gatal dan bentol merah. Biasanya wajah yang gatal dan bentol merah diakibatkan karena gigitan serangga. Namun ada juga hal lain yang jadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab wajah gatal dan bentol merah yang kamu alami.

1. Alergi

Penyebab wajah gatal dan bentol merah bisa jadi karena alergi. Alergi ini bisa bermacam-macam, bisa berasal dari makanan yang kamu makan, atau bisa juga dari cuaca. Selain itu, bisa juga kamu alergi debu atau bulu hewan seperti bulu kucing.

Untuk mengetahui lebih pasti alergi yang kamu miliki, lebih baik periksakan ke dokter agar lebih pasti.

2. Kondisi Kulit Tertentu

Sejumlah kondisi kulit tertentu bisa menjadi penyebab wajah gatal dan bentol merah. Kondisi kulit yang dimaksud adalah cacar air, folikulitis, eksim, biduran, psoriasis, dermatitis seboroik, kurap, atau herpes zoster.  Tak hanya menyebabkan gatal, gejala lain yang menyertai bisa jadi kulit memerah, mengelupas, ruam, timbul bercak-bercak atau bintik-bintik meradang.

3. Efek Samping Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu bisa jadi penyebab wajah gatal dan bentol merah. Misalnya, aspirin, opioid, antibiotik, obat antijamur, dan pengobatan kanker tertentu terkadang menimbulkan efek samping berupa rasa gatal, tak terkecuali pada area wajah. 

Kalau gatal yang kamu rasakan terjadi setiap kali kamu minum obat, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter agar dokter bisa memberikan obat pengganti.

4. Iritasi

Coba perhatikan, apakah belakangan ini kamu menggunakan produk kosmetik atau skincare yang baru? Jika ya, kemungkinan besar gatal yang kamu rasakan di wajah itu bisa jadi karena wajahmu iritasi karena produk kosmetik atau skincare yang baru kamu gunakan.

Kamu bisa coba tidak menggunakan produk tersebut dulu untuk sementara waktu, lalu lihat hasilnya. Kalau gatal dan bentol merah berkurang, maka benar bahwa produk tersebutlah penyebabnya. Jadi jangan gunakan lagi untuk menghindari gatal dan bentol merah pada wajah.

5. Perubahan Suhu

Perubahan suhu juga bisa jadi penyebab wajah gatal dan bentol merah yang kamu alami. Kalau kamu baru saja pindah ke lokasi yang jauh lebih dingin atau lebih panas, kemungkinan besar perubahan suhu tersebut yang membuat kamu merasakan gatal di wajahmu.

Jangan khawatir, nantinya setelah tubuhmu menyesuaikan diri, gatal yang kamu alami akan berkurang dan wajahmu akan kembali normal seperti sedia kala.

Itulah 5 penyebab wajah gatal dan bentol merah yang kamu alami. Untuk mengatasinya, kamu perlu tahu dulu penyebabnya. Jika kamu kurang yakin, kamu bisa konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti. Nantinya dokter juga akan memberikan obat yang sesuai dengan keluhanmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading