Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Inovasi Alat Masak Cast Iron Pertama Buatan Indonesia hingga Menjadi Pilihan Terpercaya Masyarakat

Fimela.com, Jakarta Menggunakan alat masak berkualitas sangat penting dalam memasak makanan yang enak dan sehat. Dilansir dari The Spruce Eats, keunggulan dari alat masak berkualitas yaitu membantu memasak makanan lebih efisien, tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan, serta alat masak yang tidak mudah lengket sehingga hasil masakan menjadi lebih enak dan sedap.

Namun, masih banyak orang yang masih mengabaikan tentang pentingnya memakai alat masak yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui, alat masak dengan kualitas tinggi relatif lebih mahal dibandingkan alat masak lainnya. 

Tetapi, menggunakan alat masak yang murah serta terbuat dari bahan yang tidak aman justru berbahaya bagi kesehatan bahkan menyebabkan kanker. Meninjau kebutuhan pasar Indonesia yang belum terpenuhi terkait produk masak yang berkualitas, Nadia Purnama termotivasi untuk membuka Skitchen Indonesia sebagai peralatan masak berkualitas tinggi tetapi dengan harga terjangkau

Skitchen Indonesia merupakan sebuah merek peralatan masak lokal yang didirikan pada Agustus 2020 oleh Nadia Purnama. Merek ini didirikan dengan tujuan memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan pengalaman memasak dengan alat masak yang berkualitas tinggi tetapi dengan harga terjangkau.

Motivasi Membuka Skitchen Indonesia

Nadia Purnama bercerita tentang motivasi awal ia membuka merek peralatan masak yang didasarkan dari akses produk masak berkualitas di Indonesia sulit dijangkau oleh masyarakat karena harganya yang terlalu mahal. Di situasi ini, Nadia menghadirkan inovasi alat masak dengan kualitas cast iron yang di produksi dalam negeri.

"Kami menyadari bahwa masih banyak kebutuhan pasar Indonesia yang belum terpenuhi dalam hal produk-produk masak berkualitas tinggi. Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia layak mendapatkan akses kepada produk-produk tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Kami juga ingin memperkenalkan kualitas cast iron produksi dalam negeri yang sebenarnya tidak kalah dengan merek luar, serta memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin meningkatkan pengalaman memasak mereka dengan peralatan berkualitas tinggi" ucap Nadia Purnama.

Dalam membuat inovasi alat masak terbaru, Nadia Purnama memilih cast iron atau besi cor sebagai bahan utama dalam membuat alat masak yang berkualitas. Hal ini dikarenakan bahan tersebut tidak bereaksi secara kimia atau melepaskan zat berbahaya seperti logam berat atau senyawa kimia lainnya ke dalam makanan yang dimasak. 

Selain itu, bahan cast iron atau besi cor juga dikenal dapat menghasilkan panas secara merata dan mempertahankan suhu yang konstan. Artinya, makanan yang dimasak akan matang secara merata tanpa adanya bagian yang terbakar atau tidak matang dengan sempurna. 

Dengan demikian, produk Skitchen menjadi pilihan alat masak yang lebih sehat dan aman untuk digunakan oleh masyarakat luas dalam memasak makanan. 

Inovasi dan Keunggulan Produk Skitchen Indonesia

Tak hanya memiliki kualitas yang tinggi, produk Skitchen Indonesia memiliki beberapa inovasi dan keunggulan yang membedakan produk mereka dari peralatan masak lainnya. Pertama, desain produk Skitchen selalu mempertimbangkan kebutuhan rumah tangga dengan memadukan fungsi dan estetika sehingga produk Skitchen tidak hanya fungsional tetapi juga menarik secara visual. 

Kedua, produk Skitchen terbuat dari cast iron atau besi cor yang telah melalui proses seasoning yang cermat, pelapisan minyak, dan pemanasan yang baik sehingga menghasilkan produk yang memiliki performa lebih baik dan tahan karat. Terakhir, quality control yang sangat ketat juga diaplikasikan pada setiap produknya untuk memastikan kualitas dari permukaan hingga komposisi bahan.

Dengan kombinasi inovasi dan keunggulan tersebut, Nadia meyakini bahwa produk Skitchen Indonesia dapat memberikan pengalaman memasak yang lebih baik dan memuaskan bagi para penggunanya.

 

Strategi membangun trust masyarakat

Dalam perjalanan membangun Skitchen Indonesia, Nadia mengungkapkan bahwa pada tahun pertama fokus utama mereka adalah memberikan edukasi ke masyarakat mengenai cast iron cookware, keunggulannya dari segi fungsionalitas dan kesehatan, serta cara merawatnya. Pada tahun itu juga, Nadia banyak mengandalkan e-commerce untuk mencapai skala yang lebih luas dan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk Skitchen.

Setelah berhasil mendapatkan perhatian dari end consumer, fokus Nadia mulai beralih pada pemasaran B2B mulai dari industri horeca hingga reseller yang terus berlanjut di tahun berikutnya hingga saat ini. Dalam proses pemasaran, Skitchen Indonesia akhirnya berhasil membangun demand yang kuat karena sudah menanamkan edukasi di kalangan end consumer serta pemasaran produk Skitchen ke pasar B2B menjadi lebih mudah.

Skitchen Indonesia berhasil menjadi alat masak terpercaya yang mudah dijangkau oleh masyarakat Indonesia. Dalam hal ini Nadia juga membuktikan bahwa alat masak lokal dapat bersaing dengan merek luar serta menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin meningkatkan pengalaman memasak mereka dengan peralatan yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Skitchen Indonesia, kamu bisa mengunjungi website https://skitchen.id/.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading