Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Mandiri agar Hidupmu di Usia 30-an Makin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Usia kepala tiga menghadirkan petualangan baru. Setelah mengalami berbagai macam lika-liku kehidupan di usia 20-an, kini di usia 30-an ada banyak kesempatan baru muncul untuk membuatmu hidupmu terasa lebih indah dan bahagia. Terlepas dari berbagai tuntutan dan tekanan hidup baru yang dibebankan padamu, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk menghadirkan kebahagiaan baru di usia 30-an.

Berikut ini sejumlah kebiasaan sederhana dan mandiri yang bisa dicoba untuk merangkai kebahagiaan baru di usia 30-an. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Lebih Berani Menerima Realitas

“I'm turning 30 years old this year ... it's better than 20, I'll tell you that. The lessons I've learned.” — Christina Aguilera

Di usia 20-an ada banyak pengalaman yang mungkin membuatmu jatuh bangun. Kegagalan dan kepahitan sempat mewarnai hari-harimu di usia 20-an, tapi semua itu menghadirkan hikmah dan pelajaran sendiri. Ketika kini kamu sudah berani menerima realitas yang ada, kamu bisa fokus menjalani masa kini dengan lebih baik. Kebahagiaan pun bisa hadir saat kamu bisa fokus jalani masa kini dengan sebaik mungkin.

 

 

2. Lebih Tegas Memilih untuk Bahagia

“To being 30. I’ve decided it’s going to be totally awesome.” — 13 Going on 30

Tak harus menunggu dimotivasi atau didukung orang lain untuk bahagia. Tak perlu menantikan validasi orang lain untuk bahagia. Kamu bisa meningkatkan ketegasan sendiri untuk bahagia. Pada dasarnya untuk bisa bahagia di usia 30-an adalah dengan kesadaran diri berani memilih bahagia di usia ini.

 

 

3. Lebih Banyak Membuka Diri Menerima Pengalaman Baru

“Thirty was so strange for me. I’ve really had to come to terms with the fact that I am now a walking and talking adult.” — C. S. Lewis

Belum terlambat untuk memulai apa pun di usia 30-an. Masih ada banyak hal baru yang bisa kamu coba dan kamu lakukan. Berbagai macam pengalaman baru masih bisa kamu sambut dan terima. Jadi, tak perlu makin membatasi diri. Justru buka dirimu untuk mencoba berbagai hal baru untuk makin memperkaya jiwamu.

 

 

4. Lebih Mengapresiasi Setiap Momen yang Hadir dalam Hidup

“Everything I know I learned after I was thirty.” — Georges Clemenceau

Tak harus menunggu terjadi sesuatu yang besar untuk bisa bahagia. Tak perlu selalu menunggu hal yang mewah atau megah untuk bisa merasa bahagia. Cobalah untuk mulai membiasakan diri mengapresiasi setiap momen yang hadir dalam hidup. Sekecil atau sesederhana apa pun momen yang hadir, selama kamu bisa mengapresiasi dan mensyukurinya maka yakinlah akan selalu ada kebahagiaan yang memenuhi hatimu.

 

 

5. Lebih Semangat Menjadi Perempuan Berdaya

“There's no time to worry about turning 30.” — Aaron Tippin, “Twenty-Nine and Holding”

Tingkatkan kemampuanmu untuk bisa setidaknya menghidupi diri sendiri. Tingkatkan saja kemandirianmu di usia 30-an. Terlepas dari semua tanggung jawab dan peran baru yang kamu miliki di usia kepala tiga ini, kamu selalu bisa menjadi perempuan yang lebih berdaya lagi. Setidaknya dengan memiliki kemampuan berdiri di atas kaki sendiri, kamu bisa lebih tenang ketika menghadapi sebuah masalah baru atau sesuatu yang tak terduga terjadi dalam hidupmu.

Yuk, mari isi usia 30-an dengan berbagai hal menyenangkan dan bermakna lagi. Raih kebahagiaanmu di setiap hal sederhana yang bisa kamu upayakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading