Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Spidol Permanen yang Mengotori Bajumu

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya.

Warna pakaian yang paling mudah dipadupadankan adalah warna pakaian yang netral, misalnya warna putih, hitam atau coklat. Oleh karena itu, memiliki baju dengan warna-warna tersebut sangat dianjurkan karena bisa menyelamatkanmu dari kebingungan ketika ingin memadu padankan pakaian.

Sayangnya baju berwarna putih mudah sekali kotor. Terkadang sedikit kotoran saja bisa berakibat sangat buruk pada baju warna putih. Kalau nodanya seperti noda tanah mudah hilang hanya dengan bilasan air sabun saja maka tidak masalah. Namun terkadang ada beberapa noda yang sulit dihilangkan seperti noda spidol permanen.

Lalu bagaimana cara menghilangkan spidol permanen yang menodai bajumu? Yuk simak cara membersihkannya berikut ini.

1. Alkohol

Kalau noda spidol permanen tersebut mengotori pakaianmu yang berbahan katun, kamu bisa hilangkan dengan mudah menggunakan alkohol. Caranya cukup mudah kok.

  1. Oleskan alkohol atau aseton menggunakan kain atau bola kapas dan jangan pernah mengoleskannya langsung ke pakaian.
  2. Oleskan sedikit noda tinta dan biarkan meresap setidaknya selama lima menit.
  3. Mulailah menyeka dengan kain bersih atau bola kapas.
  4. Ulangi sesuai kebutuhan.

Selain untuk bahan katun, alkohol juga bisa digunakan untuk menghapus noda spidol permanen di pakaian berbahan denim, wool dan polyester. Namun ingat ya, Sahabat Fimela, kalau ingin menghilangkan noda spidol permanen di pakaian berbahan wool harus hati-hati karena bahan tersebut mudah rapuh.

2. Cuka Putih

Kalau pakaianmu berbahan kulit, maka jangan gunakan alkohol atau aseton untuk menghilangkan noda spidol permanen. Alkohol bisa merusak permukaan kulit. Nah kamu bisa gunakan cuka putih untuk membersihkannya, cara sebagai berikut:

  1. Siapkan bola kapas, kain, atau handuk kertas.
  2. Oleskan cuka putih dalam jumlah banyak pada noda.
  3. Biarkan meresap setidaknya selama lima menit.
  4. Seka area tersebut dan pastikan untuk mengganti kain, bola kapas atau handuk kertas secara teratur jika tinta sudah hilang.
  5. Ulangi sesuai kebutuhan.

3. Pemutih pakaian

Pakaian dengan warna putih bisa kamu hilangkan nodanya menggunakan pemutih pakaian lho, Sahabat Fimela. Caranya cukup dengan rendam bagian pakaian yang terkena noda spidol permanen dengan campuran air dan pemutih pakaian. Tinta bisa langsung hilang, namun terkadang perlu direndam kalau nodanya terlalu membandel.

Kalau merendam pakaian dengan larutan pemutih, pastikan jangan terlalu lama ya. Karena larutan pemutih dapat merusak kain.

4. Campuran Cuka dan Lemon

Kalau cuka saja belum bisa menghilangkan noda spidol permanen, kamu bisa campurkan dengan air lemon dan berbagai bahan lainnya. Caranya sebagai berikut:

  1. Campurkan 1 sdm susu, 1 sdm cuka putih, 1 sdt boraks dan 1 sdt air buah lemon
  2. Oleskan pada bagian yang terkena tinta dan diamkan selama 10 menit.
  3. Ambil spon yang lembab dan tempelkan pada kain untuk menyerap noda tinta spidol hingga tidak tersisa.

5. Hairspray

Tahukah kamu kalau hairspray ternyata bisa menghilangkan noda spidol permanen yang menempel di baju? Cara menggunakannya pun cukup mudah kok, Sahabat Fimela.

  1. Semprotkan sedikit hairspray pada tinta spidol dan tempelkan handuk bersih untuk menyerap tintanya.
  2. Setelah tinta spidol berhasil dihapus, basahi kain dengan sedikit air dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya.

Itulah 5 cara menghilangkan spidol permanen yang menempel di bajumu. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading