Sukses

Lifestyle

5 Hal Inilah yang Bikin Kamu Jadi Gampang Baper dan Tersinggung

Fimela.com, Jakarta Ketika mengobrol dengan orang lain, mungkin kamu pernah merasa marah atau tersinggung dengan perkataannya. Setelah dipikir-pikir, mungkin itu bukan satu-satunya waktu di mana kamu merasa tersinggung dengan omongan orang lain. Ternyata kamu sudah beberapa kali merasa tersinggung.

Belakangan ini, sering merasa tersinggung disebut juga dengan istilah baperan. Baper sendiri merupakan singkatan dari bawa perasaan, atau melibatkan perasaan ketika sedang berbicara atau bercanda mengenai suatu hal. Oleh karena itu, sering merasa tersinggung disebut juga dengan baperan, atau terlalu membawa perasaan ketika membicarakan suatu hal yang sebenarnya tidak menyinggung.

Pernahkah kamu terpikir kenapa kamu baperan atau mudah tersinggung? Ternyata ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebab baper atau mudah tersinggung. Berikut hal-hal yang membuatmu jadi mudah tersinggung.

1. Sedang Banyak Pikiran

Salah satu alasan kenapa kamu baperan dan mudah tersinggung mungkin saja karena kamu sedang banyak pikiran. Terlalu banyak hal yang kamu pikirkan membuatmu tidak fokus terhadap sekitar. Alhasil, kamu tersinggung pada hal-hal kecil yang sebenarnya tidak menyinggung sama sekali.

2. Merasa Insecure

Kalau kamu sedang merasa insecure, maka wajar jika kemudian kamu merasa tersinggung. Mungkin saja isu yang sedang dibahas itu adalah isu yang membuatmu insecure atau membuat rasa percaya dirimu menurun. Jika sudah begitu, maka kamu akan tersinggung sekalipun orang yang membicarakannya tidak bermaksud menyinggungmu.

3. Trauma

Trauma masa lalu juga bisa jadi penyebab mengapa kamu mudah baperan atau tersinggung. Kalau sebenarnya orang tersebut tidak tahu menahu tentang traumamu di masa lalu dan membuat bercandaan tentang hal tersebut, maka sebenarnya kamu tidak perlu tersinggung.

Ambil nafas dulu, coba singkirkan rasa tersinggungmu sebentar. Lalu katakan kepadanya baik-baik kalau hal tersebut menyinggungmu karena kamu merasa trauma dengan hal tersebut. Kalau dia memang tidak bermaksud menyinggungmu, ia pasti akan segera minta maaf dan tidak akan mengulangi candaan itu lagi.

4. Isu Tersebut Memang Sensitif

Penyebab berikutnya kenapa kamu baperan dan mudah tersinggung adalah ya karena isu tersebut memang sensitif buatmu. Mungkin untuk orang lain merasa hal tersebut adalah hal yang biasa, maka ia dengan mudah mengatakannya.

5. Perasaanmu Sensitif

Nah alasan terakhir kenapa kamu mudah tersinggung adalah karena kamu adalah orang yang punya perasaan yang sensitif. Orang dengan perasaan yang cukup sensitif akan merasa lebih peka dan lebih emosional jika membahas suatu hal yang cukup sensitif pula.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kamu jadi baperan dan mudah tersinggung. Ingat bahwa mungkin saja orang lain tidak bermaksud menyinggungmu karena mereka tidak tahu apakah hal yang sedang dibicarakan itu menyinggungmu atau tidak. Jadi kalau kamu sedang tersinggung, sebaiknya bicarakan langsung dengan orang tersebut agar kamu tidak tersakiti lagi dan ia pun tidak akan membahas hal tersebut ke depannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading