Sukses

Lifestyle

Penyebab Mendengkur Saat Tidur yang Menganggu Kualitas Tidur

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh manusia. Berapa pun umurnya, sesibuk apapun kegiatannya, manusia tetap butuh tidur. Kebutuhan waktu tidur manusia berbeda-beda, bergantung pada umurnya.

Berdasarkan anjuran dari Kementrian Kesehatan, bayi membutuhkan tidur paling tidak 16 jam perhari, remaja butuh setidaknya 9 jam perhari dan orang dewasa perlu tidur paling tidak sebanyak 7-8 jam sehari. Bagaimana kalau dalam sehari waktu tersebut tidak terpenuhi?

Kekurangan waktu tidur bisa berakibat buruk. Tidak hanya mengganggu aktivitas dalam sehari-hari, namun dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Tidur dalam waktu yang cukup namun tidak nyenyak juga sama saja. Banyak faktor yang menyebabkan tidur tidak nyenyak, salah satunya adalah mendengar dengkuran orang lain.

Orang lain yang mendengkur ketika tidur memang cukup mengganggu kualitas tidur orang lain. Namun sebenarnya apa sih penyebab mendengkur ketika sedang tidur? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Mendengkur yang Sering Terjadi

1. Penyempitan Saluran Udara di Sekitar Tenggorokan

Ketika tidur, otot di tenggorokan termasuk lidah juga akan mengendur. Lidah akan jatuh ke arah belakang dan saluran udara di tenggorokan akan menyempit.

Saluran udara yang menyempit menyebabkan udara memberikan tekanan lebih besar agar bisa terdorong ke luar. Tekanan yang besar dari aliran udara membuat saluran udara bergetar dan menghasilkan suara dengkuran yang cukup mengganggu.

Semakin menyempit saluran udara, maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan untuk membangun aliran udara yang cukup. Semakin besarnya tekanan ini, maka suara dengkuran pun akan semakin nyaring terdengar.

2. Kelebihan Berat Badan

Berat badan yang berlebih juga bisa menjadi penyebab mendengkur ketika tidur. Penumpukan lemak di sekitar leher bisa menekan saluran udara di tenggorokan ketika tidur sehingga menghalangi aliran udara. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan lagi berat badanmu.

3. Usia Tua

Semakin bertambah usia, maka peluang mendengkur ketika tidur akan semakin besar. Hal ini dikarenakan kondisi otot di saluran pernapasan yang mengendur seiring bertambahnya usia. 

Otot saluran pernapasan yang kendur ini akan lebih rentan bergetar ketika dilalui oleh aliran udara. Karena keadaan ini, orang dengan usia tua jadi lebih rentan untuk menghasilkan suara dengkuran.

4. Masalah Pernapasan

Hidung tersumbat akibat penyakit seperti pilek, alergi, atau sinusitis bisa menyebabkan munculnya suara dengkuran ketika tidur. Kondisi ini dapat menghambat aliran udara keluar dari hidung dan menimbulkan suara mendengkur saat tidur.

Kebiasaan yang Buruk Juga Bisa Menyebabkan Mendengkur Ketika Tidur

5. Efek Samping Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab mendengkur saat tidur.

Obat penenang seperti lorazepam dan diazepam yang bekerja untuk merilekskan otot dapat mengakibatkan melemahnya otot di tenggorokan sehingga menyebabkan keluarnya suara dengkuran.

6. Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan munculnya dengkuran ketika tidur.  Hal ini dikarenakan alkohol bisa mengendurkan otot-otot saluran pernapasan.

Pengenduran otot ini membuat saluran napas menjadi lebih tertutup dan aliran udara pun semakin sempit sehingga muncul suara dengkuran.

7. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya alkohol, kebiasaan merokok juga bisa membuat kamu mendengkur ketika tidur. Rokok bisa menimbulkan iritasi di saluran pernapasan. Iritasi yang kamu derita ini bisa meningkatkan produksi lendir. Lendir yang meningkat bisa menyumbat saluran pernapasan.

Itulah beberapa penyebab mendengkur ketika tidur yang harus kamu ketahui. Jika kamu masih memiliki beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi pemicu terjadinya mendengkur ketika tidur, maka sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut agar kualitas tidurmu semakin baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading