Sukses

Lifestyle

Bikin Kurang Percaya Diri, Ini 6 Tips Berhenti Mengkritik Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela diberitahu bahwa diri sendiri terlalu keras pada diri sendiri atau kepada orang lain? Sebagian besar dari kita mungkin sulit untuk menerima dan menghargai kritik negatif. Namun, kita bisa belajar untuk memiliki sikap yang lebih positif terhadap diri sendiri dan orang lain dan itu tidak sesulit yang kita kira. Dengan tindakan sederhana, kita bisa mengubah kebiasaan buruk untuk mengkritik diri sendiri atau orang lain. Lalu, bagaimana kita bisa mengubah kritikan negatif menjadi positif dan membangun? Yuk, dapatkan tipsnya di bawah ini.

1. Berikan Pujian

Saat kamu merasa harus mengkritik atau menilai seseorang, gunakan tekad untuk mengatakan sesuatu yang baik. Kamu bahkan bisa menyimpan pujian untuk diri sendiri dan hanya memikirkannya. Namun, kamu akan terkejut betapa hubunganmu meningkat jika kamu bersedia untuk mengungkapkan kebaikanmu dengan lugas. Pikirkan hal positif selama beberapa menit setiap hari.

2. Pertimbangkan Perbedaan antara Memberi Nasihat dan Bersikap Kritis

Nasihat bermanfaat dan memiliki niat positif. Kritik memiliki maksud negatif dan tidak membantu. Kamu juga perlu membuat dan merangkai kata-kata untuk memberikan saran yang membangun atau positif kepada diri sendiri atau orang lain.

3. Mulailah Hari dengan Sikap Positif

Dengan memulai hari dengan awal yang positif, kamu akan cenderung tidak mengkritik diri sendiri atau orang lain. Pertimbangkan apa yang membuatmu merasa baik. Apakah itu musik? Membaca kutipan inspirasional? Mengingat liburan favorit? Membuat daftar hal-hal yang membuatmu bersyukur? Mulailah harimu dengan pikiran dan energi positif.

4. Apa yang Kamu Inginkan

Habiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan apa yang kamu inginkan, daripada apa yang tidak kamu inginkan. Memikirkan apa yang tidak kamu inginkan adalah menyikapi kehidupan dari sudut pandang negatif. Jauhkan pikiranmu dan terfokus pada apa yang kamu inginkan. Suasana hatimu akan lebih ringan dan kamu juga akan memperlakukan diri sendiri dan orang lain dengan lebih baik.

5. Biarkan Situasi Dan Orang Menjadi Apa Adanya

Salah satu cara termudah untuk membuat diri merasa tidak bahagia adalah percaya bahwa segala sesuatu seharusnya terjadi dengan cara tertentu. Kamu mungkin percaya bahwa orang lain harus berterima kasih atas pujian atau menawarkan tempat duduk mereka di bus, tetapi mereka mungkin tidak merasa seperti itu.

Pada kenyataannya, setiap orang memandang dunia secara berbeda, dan pandanganmu tidak lebih benar dari pandangan orang lain. Jika kamu berpikir bahwa orang lain harus secara otomatis melihat sesuatu melalui perspektifmu, kamu cenderung kritis.

6. Pahami Situasinya

Pastikan bahwa kamu memiliki pemahaman yang cukup untuk membuat kesimpulan. Orang yang paling kritis kerap mendapatkan informasi yang tidak mencukupi. Sebelum kamu mengatakan sesuatu yang negatif, berusahalah untuk mendapatkan keseluruhan cerita. Mungkin masalah yang paling penting adalah harga diri. Mereka yang kritis terhadap orang lain sering melakukannya untuk membuat dirinya merasa lebih penting, superior, atau dominan.

Sebelum dirimu mengkritik diri sendiri, cobalah untuk belajar mencintai diri sendiri, ini akan membantumu menerima diri sendiri apa adanya. Sehingga kritik negatif terhadap diri sendiri tidak akan muncul dalam pikiranmu. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading