Sukses

Lifestyle

Tidak Bisa Sembarangan, Begini Caranya Merawat Lantai Vinyl Kayu

Fimela.com, Jakarta Rumah adalah tempat yang kita tinggali dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, segala perabot atau furnitur di dalamnya haruslah sesuai dengan yang kita inginkan. Hal ini dikarenakan jika tidak sesuai, maka akan memengaruhi perasaan kita selama di rumah. Apalagi kita menempatinya dalam waktu yang lama.

Salah satunya adalah lantai yang ada di dalam rumah pun harus sesuai dengan keinginan kita. Ada banyak orang yang memilih menggunakan lantai keramik di dalam rumah. Namun ada juga yang lebih menyukai menggunakan lantai vinyl kayu.

Tentunya pemilihan lantai vinyl punya alasan tersendiri. Ada yang merasa lantai vinyl perawatannya lebih mudah dibandingkan lantai kayu asli, namun motifnya mirip dengan lantai kayu, sehingga memberikan suasana seperti halnya memiliki lantai kayu.

Meskipun lebih mudah daripada lantai kayu, namun pemeliharaan lantai vinyl harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Lalu bagaimana cara merawat lantai vinyl kayu agar tidak mudah rusak? Simak caranya berikut ini.

Cara Merawat Lantai Vinyl Kayu

1. Rutin disapu

Terkadang kotoran dan debu di lantai vinyl tidak terlihat jelas, jadi membuatmu berpikir kalau lantaimu masih bersih. Akhirnya kamu merasa tidak perlu menyapunya karena lantai tersebut masih terlihat bersih.

Padahal kotoran dan debu yang dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan goresan pada lantai dan membuat lantai terlihat kusam. Parahnya mungkin bisa membuat lantaimu jadi rusak. Oleh karena itu, kamu harus rutin menyapu lantai meskipun lantai masih terlihat bersih.

2. Menggunakan vacuum cleaner

Selain menggunakan sapu, kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner. Apalagi untuk bagian di pojok-pojok ruangan yang sulit dijangkau sapu. Vacuum cleaner juga bisa membuat lantai lebih bersih daripada hanya menggunakan sapu.

3. Mengepel lantai

Tentu saja setelah disapu, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengepel. Namun ketika mengepel lantai vinyl, ada hal yang harus kamu perhatikan.

Gunakanlah cairan pembersih khusus karena cairan pembersih biasa bukannya bisa membersihkan malah justru berpotensi merusak lantai. Lalu tuangkanlah air sedikit demi sedikit, karena air yang terlalu banyak bisa menggenangi lantai dan membuat lantai jadi terlalu lembab.

Bersihkan Menggunakan Bahan Dapur

4. Baking soda

Baking soda diklaim bisa mengangkat noda yang membandel di lantai vinyl. Berikut cara penggunaan baking soda untuk membersihkan lantai vinyl:

  • Campur soda kue dengan air dan aduk hingga membentuk pasta.
  • Gunakan kain putih lembut untuk menggosok pasta pada noda, terutama yang membandel.
  • Gosok permukaan lantai dengan lembut.
  • Lap dengan kain bersih lainnya untuk menghilangkan sisa baking soda di lantai.

5. Cara lainnya untuk merawat lantai vinyl

Setelah lantai vinyl jadi bersih, tentunya kamu ingin agar kebersihan lantaimu itu terjaga. Nah untuk menjaga kebersihan serta mencegah kerusakan lantai vinyl, kamu bisa coba cara-cara berikut ini:

  • Berikan alas kain di atas perabotan dengan ujung yang tajam untuk menghindari goresan.
  • Letakkan alas lagi ketika memindahkan barang-barang besar ke dalam rumah, seperti sofa atau kulkas baru.
  • Pakai kain lembut atau sikat bulu nilon untuk menghilangkan noda di lantai. Gunakan keset di dekat semua pintu.
  • Hindari pemakaian pisau atau pembersih abrasif untuk menghilangkan noda.
  • Tidak memakai larutan pembersih dengan kandungan amonia.

Perawatan lantai vinyl memang tidak sesulit lantai kayu, namun kamu harus tetap memperhatikannya dengan baik agar lantai vinylmu tidak cepat rusak ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading