Sukses

Lifestyle

Cara Merawat Sepatu Putih Agar Terus Terlihat Seperti Baru

Fimela.com, Jakarta Sepatu adalah salah satu hal yang cukup penting untuk mendukung penampilanmu sehari-hari. Ada banyak jenis sepatu yang bisa digunakan dan membuat penampilanmu semakin menarik. Tidak hanya dari jenisnya saja, namun dari warnanya pun bisa jadi menarik. Oleh karena itu, kamu harus memilih warna sepatu yang cocok dengan penampilanmu agar semakin menarik.

Warna sepatu yang sering dipilih adalah sepatu warna putih. Namun sayangnya sepatu warna putih mudah sekali kotor dan lama kelamaan akan menguning. Sebenarnya sepatu putih yang menguning itu wajar, apalagi kalau sudah kamu pakai selama bertahun-tahun. Namun sepatu putih yang menguning membuat penampilan jadi kurang menarik.

Ternyata ada cara khusus dalam merawat sepatu putih agar warnanya tetap putih seperti baru. Bagaimana cara menjaga warna sepatu putih agar tetap seperti baru? Yuk simak artikel berikut ini dan coba praktekkan agar sepatu putihmu bisa terawat.

Cara Merawat Sepatu Putih

1. Selalu simpan di dalam ruangan

Setelah dipakai seharian, pastikan kamu tidak menyimpan sepatu kamu di luar rumah. Paparan sinar UV yang berlebih dapat menyebabkan pemudaran warna yang tidak diinginkan. Perlakukan dengan baik, dan simpan di tempat yang sejuk dan gelap ketika tidak dipakai. Biasanya, warna putih akan berubah kekuningan atau biasa disebut yellowing.

2. Gunakan lap lembut untuk membersihkan noda.

Dalam pemakaian sehari-hari pastinya tanpa sengaja sepatu kita akan terkena noda. Beberapa noda tidak hilang hanya dengan air. Banyak ragam cairan pembersih khusus untuk sepatu sneakers yang beredar di pasaran. Selain merek cairan pembersih dari luar banyak juga kok, sekarang. Alternatif yang cukup murah adalah bisa kamu gunakan cuka vinegar untuk membersihkan noda yang membandel. Cukup bersihkan dengan lap halus yang sudah dicelupkan ke vinegar. Setelah itu basuh dan bersihkan dengan air.

3. Bersihkan tali sepatu dengan air hangat

Tali sepatu sekilas tidak begitu memerlukan perawatan khusus, namun jika warnanya berubah kusam dan dapat memengaruhi penampilan sepatu kamu.

Berhubung warna putih mudah terpengaruh oleh warna lain, hindari mencampurkannya dengan cucian lain, apalagi menggunakan mesin cuci saat kamu berencana untuk membersihkan tali sepatumu.

4. Bersihkan dengan tisu agar lebih cepat kering

Sepatu kamu mungkin agak lembab setelah selesai dibersihkan untuk membantu mereka lebih cepat kering, taruh handuk kertas kusut di dalamnya untuk menyerap kelembaban berlebih dan membantu sepatu kering lebih cepat.

5. Gunakan cairan pembersih/shampo yang lembut pada noda minyak

Saat kamu ke mall mungkin saja terpaksa menginjak kotoran berminyak yang licin, atau menjatuhkan makanan berminyak di sepatu putih baru kamu. Segera saja setelah sampai rumah sabun pembersih lembut, bisa juga shampo lembut, air hangat, dan sikat gigi atau lap untuk menyeka noda minyak dengan lembut.

Cara Membersihkan Sepatu Putih Berbahan Tertentu

1. Sepatu Kanvas

  1. Siapkan sikat gigi, soda kue, cuka putih dan air hangat.
  2. Campurkan satu sendok makan soda kue, dua sendok makan cuka putih dan secangkir air hangat.
  3. Celupkan sikat gigi bersih ke dalam campuran tadi.
  4. Lalu mulailah menggosok area sepatu yang kotor. 
  5. Kemudian, bersihkan dengan air dan biarkan sepatu mengering.

2. Sepatu Suede

  1. Siapkan kain katun, penghapus pensil merah muda, cuka putih, dan sikat suede.
  2. Usap sepatu dengan kain katun yang lembut. Kemudian, gosok perlahan bagian yang kotor dengan penghapus pensil merah muda.
  3. Jika noda yang ada pada sepatu suede adalah noda basah, kamu dapat membersihkannya dengan handuk kertas dan menekan bagian yang basah. Pastikan untuk tidak menggosok noda karena akan membuat noda menyebar.
  4. Kalau masih ada noda yang tersisa, celupkan kain ke dalam cuka putih dan gosok perlahan noda yang tersisa.
  5. Setelah selesai, biarkan sepatu suede putih mengering. Jangan lupa untuk gosok bagian luar sepatu dengan sikat suede.

Sepatu putih memang perlu perlakuan yang khusus. Oleh karena itu, jika kamu ingin sepatu putihmu terjaga warnanya, kamu harus mau merawatnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading