Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tak Gampang Diremehkan Orang Lain dengan Kemandirianmu

Fimela.com, Jakarta Kita tak pernah bisa mengendalikan atau mengatur respons orang terhadap atas setiap hal yang kita lakukan. Kadang kita sudah mengusahakan sesuatu dengan sebaik mungkin, tapi ada saja orang yang meremehkan kita. Atau ada juga orang yang tanpa alasan yang jelas suka memandang remeh kita padahal kita tak pernah berbuat masalah dengannya.

Daripada makin kesal menghadapi orang yang meremehkan kita, kita perlu membekali diri dengan meningkatkan mental diri kita. Kita bisa meningkatkan kemandirian kita sebagai salah satu upaya agar tidak mudah terpuruk saat ada meremehkan kita. Langkah-langkahnya bisa dimulai melalui strategi ini.

 

 

1. Sadari Kekurangan dan Kelebihan Diri

Mengenali diri menjadi kunci penting agar kita tak gampang diremehkan oleh orang lain. Setidaknya kalau ada orang yang meremehkan kita, kita bisa menyaring ucapan atau perkataannya. Kalau memang ada yang perlu diperbaiki karena berkaitan dengan kekurangan diri, maka kita bisa membuat perbaikan. Namun, kalau sikapnya yang meremehkan hanya karena ingin menjatuhkan kita, kita tak perlu terlalu memedulikannya.

 

 

2. Penuhi Kebutuhan Sendiri Sesuai Kemampuan

Kita bisa meningkatkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sendiri tanpa merepotkan atau menjadi beban orang lain. Orang lain pun akan segan untuk meremehkan atau merendahkan kita saat bisa melihat sendiri bahwa kita bisa menjadi perempuan yang berdaya. Saat kita bisa memenuhi kebutuhan diri dengan sebaik mungkin, kita tak akan membuang-buang waktu memikirkan cibiran atau ucapan buruk orang lain terhadap kita.

 

 

3. Hadirkan Support System Sendiri

Menjadi mandiri bukan berarti harus melakukan segalanya serba sendiri. Melainkan memposisikan diri lebih baik lagi dalam berbagai situasi sosial yang dihadapi. Kita bisa menghadirkan support system kita sendiri, seperti dari lingkaran pertemanan atau keluarga untuk menjadi orang yang bisa diandalkan saat kita butuh saran atau sekadar kata-kata penyemangat.

 

 

4. Melakukan yang Terbaik di Peran yang Dimiliki

Orang yang meremehkan kita biasanya punya masalah sendiri dengan kehidupannya. Daripada kita fokus menguru mereka, mending kita fokus melakukan semua yang terbaik melalui peran yang kita miliki saat ini. Saat kita bisa memberi dampak atau pengaruh yang lebih positif melalui peran yang kita punya, orang yang tadinya akan menjatuhkan kita bisa mundur sendiri.

 

 

5. Bersikap Lebih Tegas

Berani berkata "tidak" atau menolak hal-hal yang tak kita sukai perlu dilakukan demi kenyamanan kita sendri. Orang yang meremehkan kita biasanya melihat ada celah untuk membuat kita lemah. Di sini, kita bisa lebih tegas dalam bersikap atau berkomunikasi agar tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain. Ketegasan kita bisa menjadi salah satu kualitas diri untuk menunjukkan bahwa kita punya hak untuk bersuara dan memperjuangkan nilai-nilai positif kehidupan kita sendiri.

Semoga lima cara di atas bisa membantumu jadi pribadi yang lebih baik dan kuat lagi, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading