Sukses

Lifestyle

Simak Beberapa Penyebab Baterai HP Kembung dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (hp) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau hp juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu baterai pada hp jadi mengembung atau kembung. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab baterai kembung. Apa saja? Yuk simak penyebab baterai kembung serta cara mencegahnya berikut ini.

Penyebab Baterai Kembung

1. Dicharger Terlalu Lama

Hp yang dicharger terlalu lama atau baterai hp sudah terisi penuh tetapi tetap saja di charger maka akan mengakibatkan baterai over. Jika hal ini diteruskan maka akan membuat materei menggelembung sebisa mungkin jika baterai sudah terisi penuh maka charger di cabut agar baterai hp awet.

2. Menggunakan Handphone Saat dicharge

Penyebab baterai kembung lainnya adalah menggunakan handphone saat sedang dicharger. Jika masih dalam proses charge, sebaiknya jangan digunakan terlebih dahulu dan juga sebisa mungkin mematikan data internet. Pencahayaan di hp juga sebaiknya diturunkan dan juga map lokasi juga dimatikan agar pengisian daya berjalan optimal dan baterai cepat terisi penuh.

3. Bermain Game Terlalu Lama

Bagi kamu yang senang bermain game, ternyata kebiasaan ini bisa menjadi penyebab baterai kembung. Hal ini dikarenakan bermain game dalam waktu yang lama dapat membuat handphone cepat panas kemudian baterai jadi cepat kembung.

4. Menonton Video Streaming Terlalu Lama

Sama halnya dengan terlalu lama bermain game, melihat video streaming sampai hp panas juga bisa membuat baterai cepat rusak dan juga bisa menggelembung. Suhu handphone yang terlalu panas akan merusak baterai dan membuatnya jadi cepat kembung.

Cara Mencegah Baterai HP Kembung

1. Menggunakan Charger Original

Jika kamu ingin baterai smartphone kamu lebih awet maka gunakanlah charger original. Setiap kamu membeli smartphone, pasti akan ada charger baterai bawaan dari smartphone yang kamu beli.

Gunakanlah charger bawaan hp tersebut. Jika kalian menggunakan charger dari handphone yang lain atau menggunakan versi palsunya, maka bisa di pastikan baterai kalian akan cepat rusak.

2. Menggunakan Baterai Original

Selain menggunakan charger yang asli kamu juga harus menggunakan baterai yang asli juga. Jika kamu menggunakan baterai yang asli dan juga charger yang asli kemungkinan untuk rusaknya akan kecil tinggal tergantung dari penggunaan dan pemakaiannya saja.

3. Jangan Menggunakan Hp saat Sedang di-Charge

Salah satu cara mencegah baterai hp kembung adalah jangan menggunakannya saat sedang dicharge. Jika kamu menggunakan hp pada saat hp sedang di charger maka kinerja baterai akan double dan ini akan mengakibatkan kinerja baterai menurun atau juga bisa membuat baterai menggelembung.

4. Berhenti Mengisi Baterai Jika Sudah Penuh

Banyak sekali penyebab baterai kembung salah satunya karena mengisi baterai terlalu lama atau over. Hal ini banyak sekali dilakukan oleh banyak orang yang membiarkan baterai sudah terisi penuh tetapi tetap saja di charger.

Jika hal ini diteruskan maka akan membuat baterai menggelembung. Seharusnya baterai yang sudah terisi penuh harus dicabut dari charger.

5. Jangan Menggunakan HP Terlalu Lama

Bermain game atau menonton video streaming terlalu lama merupakan salah satu penyebab baterai kembung. Oleh karena itu, sebisa mungkin atur waktumu ketika bermain handphone. Jika sudah terasa panas, letakkan agar suhunya menurun dan tidak merusak baterai.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab baterai kembung serta cara mencegahnya. Semoga membantu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading