Sukses

Lifestyle

7 Cara Menyulam untuk Pemula yang Simpel dan Mudah

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa hobi yang bisa dilakukan saat waktu senggang. Salah satunya adalah menyulam. Menyulam adalah keterampilan tangan yang hasilnya bisa dijual kembali.

Walaupun teknik menyulam terlihat sulit, tapi ada cara mudah yang bisa dilakukan oleh pemula. Tentu saja saat sedang menyulam, Sahabat Fimela perlu teliti, kreatif dan sabar saat melakukannya. Teknik-teknik dasar menyulam dapat dipelajari secara konsisten.

Sebenarnya ada toko alat jahit yang menjual alat menyulam sekaligus dengan polanya. Cara paling dasar yang bisa dipelajari adalah tusuk jahit. Yuk simak cara menyulam untuk pemula berikut ini:

Cara Menyulam untuk Pemula

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum menyulam, pastikan semua alat dan bahan yang digunakan sudah disiapkan terlebih dahulu. Alat yang paling diperlukan untuk menyulam adalah ram atau pembidang yang berbentuk cincin. Kemudian siapkan gunting, kain polos, benang sulam, jarum sulam, dan pensil.

2. Potong Kain dan Buat Pola

Kemudian potong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Gambarlah pola pada kain dengan pensil. Pola bunga dengan tusuk jahit juga mudah dilakukan untuk pemula.

3. Pasang Ram atau Pembidang Sulam

Cara yang selanjutnya adalah memasang ram atau pembidang sulam. Alat ini terbagi menjadi dua bagian, lalu longgarkan sekrup di bagian atas ring dan pisahkan kedua bagian ram. Jepitkan kain yang lebih longgar dari pada ram di atas ram bagian dalam. Setelah kain berada di atas ring bagian dalam, tekan ring bagian luar ke bawah di atas ring bagian dalam.

Cara Menyulam untuk Pemula yang Selanjutnya

4. Masukkan Benang ke Jarum

Jangan lupa untuk memasukkan benang sulam ke jarum khusus untuk menyulam. Cara memasukkan benang ke dalam jarum harus dengan sabar. Agar lebih mudah memasukkan benang ke jarum, basahi ujung benang terlebih dahulu.

5. Gunakan Tusuk Silang

Teknik tusuk silang adalah cara menyulam untuk pemula yang sangat dasar. Tusuk silang digunakan untuk sulaman kruistik. Caranya dengan menusukkan jarum ke arah miring dari kiri atas ke kanan bawah kemudian masukkan lagi jarum dari kiri bawah ke kanan atas. Sehingga membentuk pola menyilang.

Cara Menyulam untuk Pemula yang Terakhir

6. Teknik Tusuk Tangkai

Cara menyulam yang selanjutnya adalah dengan teknik tusuk tangkai. Tusuk tangkai digunakan untuk tusuk hias. Tusuk tangkai dilakukan dengan langkah mundur 1/2 cm dengan mengaitkan 5 atau 6 benang pada kain. Lalu jarum ditarik keluar. Jarak tusukan dirapatkan dan mengaitkan kain lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang besar.

7. Teknik Tusuk Simpul

Terakhir, tusuk simpul juga bisa digunakan menyulam sebagai teknik dasar untuk pemula. Caranya dengan menarik benang dari bawah kain dan melingkarkan benang pada jarum. Motif yang ditampilkan dari teknik ini akan terlihat lebih jelas dan menonjol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading