Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Bahagia Hidup sebagai Perempuan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Menjadi perempuan mandiri kadang kita masih dihadapkan pada cibiran atau omongan-omongan negatif. Saat kita menjadi perempuan mandiri, kadang orang masih memandang kita sebagai pribadi yang egois dan tak butuh bantuan orang lain. Padahal niat kita untuk menjadi perempuan mandiri adalah agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat.

Terlepas dari pandangan orang lain, kita bisa memiliki hidup yang nyaman dan bahagia sebagai perempuan mandiri. Bahkan bisa jadi sebenarnya saat ini kita sudah bisa bahagia dengan kemandirian yang kita punya. Mari kita cek lagi sejumlah tandanya berikut ini.

 

 

1. Tidak Ada Rasa Iri

Pencapaian orang lain turut menjadi kebahagiaan dan motivasimu. Kamu tak pernah merasa iri dengan kebahagiaan orang lain. Sebab kamu menyadari bahwa tiap orang punya standar kebahagiaan masing-masing, dan kamu tidak merasa tersaingi atau tertinggal saat orang lain mendapatkan atau menemukan kebahagiaannya sendiri. Sehingga kamu pun bisa lebih fokus mencapai hal-hal yang lebih penting untuk hidupmu.

 

 

2. Bisa Berdamai dengan Kesepian

Kesepian tidak kamu anggap sebagai hal yang buruk. Bahkan kamu sudah bisa berdamai dengan kesepian. Kesepian bagimu menghadirkan ruang dan kesempatan untuk lebih mengenal diri dan memperbaiki diri dari waktu ke waktu. Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Ketika kita sudah bisa berdamai dengan kesepian dan mengenal diri kita apa adanya, maka kita bisa mendapatkan kebahagiaan yang kita harapkan.

 

 

3. Tidak Canggung Melakukan Sesuatu Sendirian

Berlibur sendirian, menikmati secangkir kopi di kafe sendiri, atau sekadar mencoba sebuah hobi baru seorang diri bukan hal yang menakutkan bagimu. Bahkan kamu tidak canggung melakukan sesuatu sendirian. Saat kamu sudah nyaman melakukan banyak hal sendirian, maka kebahagiaan bisa datang dengan sendirinya. Tak harus merepotkan orang lain untuk bisa membuat diri kita bahagia.

 

 

4. Ada Kebebasan Membuat Pilihan Hidup

Kadang kita sulit menikmati hidup karena kita terlalu terhanyut dengan arus yang ada di sekitar kita. Dengan kemandirian yang kita miliki, kita bisa memiliki sebentuk kebebasan dalam membuat pilihan hidup. Setidaknya kita bisa tahu apa saja konsekuensi atau tanggung jawab yang hadir dari tiap pilihan hidup tersebut, dan kita bisa menerimanya sebab kita sudah punya kekuatan atau kemampuan untuk bertahan dengan mengandalkan diri sendiri.

 

5. Punya Hati yang Penuh Rasa Syukur

 

Selama masih bisa bersyukur, maka kita akan selalu bisa merasa bahagia. Menjadi permepuan mandiri membuat kita lebih menghargai setiap hal yang ada di sekitar kita. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Dengan kata lain, tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya.

Tetap semangat menjalani hidup sebagai perempuan yang mandiri, ya. Semoga apa pun yang sedang kamu perjuangkan bisa segera berbuah manis.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading