Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Kamar Mandi Mengeluarkan Bau Tidak Sedap yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang ada di setiap rumah atau bangunan untuk menjadi tempat orang buang air. Sebagai ruangan yang digunakan setiap hari, kamar mandi perlu dijaga kebersihannya. 

Jika tidak, maka kamar mandi akan menjadi kotor dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tentu saja hal ini akan membuat siapapun yang memakainya merasa jijik dan tidak nyaman. 

Namun, kamar mandi yang bau tidak hanya disebabkan oleh faktor kebersihan saja, ada juga penyebab lainnya. Nah, kamu perlu mengetahuinya supaya kamu bisa lebih memperhatikan kenyamanan kamar mandi. 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab kamar mandi mengeluarkan bau tidak sedap yang jarang disadari. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Ventilasi yang Buruk

Penyebab pertama yang membuat kamar mandi menjadi bau adalah karena faktor ventilasi yang buruk. Ventilasi dalam suatu ruangan memegang peranan penting agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

Ventilasi di kamar mandi juga bisa membuat ruangan menjadi tidak lembap.  Sebab, dengan ventilasi yang baik uap serta kelembapan dalam kamar mandi bisa keluar ke luar ruangan. Jadi, kamu perlu perhatikan letak ventilasi di kamar mandi, usahakan tidak terlalu kecil agar udara di dalam ruangan juga bisa bertukar dengan udara di luar yang lebih segar. 

 

 

2. Tempat Sampah di Kamar Mandi

Berikutnya, tempat sampah yang ada di kamar mandi juga bisa emmbuat ruangan menjadi bau. Sebab, jika kamu tidak segera membuang timbunan sampah yang ada di kamar mandi, maka sampah tersebut akan memicu bau yang busuk dan tidak sedap. 

Selain membuang sampahnya, kamu juga perlu membersihkan tempat sampahya karena jika tidak dibersihkan, maka sisa-sisa air dari sampah yang sudah dibuang tetap akan menimbukan bau. Untuk mencucinya, kamu bisa menggunakan soda kue yang dicampur dengan air selama dua minggu sekali.

 

3. Handuk yang Dipakai

Apakah kamu termasuk orang yang jarang mengganti handuk? Tentunya itu kebiasaan yang baik, ya. Jarang mengganti atau mencuci handuk dapat membuat handuk tersebut menjadi lembap dan berbau tidak sedap. Alhasil,  baunya pun menyerbak ke seluruh ruangan kamar mandi. 

Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk mengganti handuk setidaknya 2 minggu sekali. Jika handuk kamu sudah berbau tidak sedap, sebaiknya kamu merendamnya dalam secangkir cuka putih dan air panas sebelum dicuci. 

Agar lebih efektif, kamu juga bisa menambahkan satu sendok makan soda kue. Kemudian, setelah satu jam, cuci handuk di mesin cuci dengan kecepatan tinggi untuk menghilangkan bau tak sedap.

 

 

4. Pipa Saluran Air

Terakhir, kamar mandi yang bau juga bisa disebabkan oleh saluran pipa air yang macet atau tersendat. Maka dari itu, sebaiknya kamu memeriksa pipa saluran air jika udara yang ada di kamar mandi sudah tidak nyaman. 

Kamu dianjurkan untuk membersihkan secara berkala agar bau di kamar mandi menghilang, bersihkan kamar mandi secara menyeluruh menggunakan cairan pembersih selama seminggu sekali. Jangan tinggalkan sisa-sisa tempat yang harus dibersihkan seperti wastafel dan keran air.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading