Sukses

Lifestyle

5 Cara Elegan Menyikapi Orang yang Tak Menghargai Niat Baikmu

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup ini, kita tak bisa selalu memastikan semua orang bisa bersikap sesuai dengan keinginan kita. Memang ada orang yang bisa menghargai dan menerima niat baik kita dengan positif. Namun, kadang ada saja orang yang sama sekali tidak menghargai niat baikmu.

BACA JUGA: Kalimat Ungkapan Kecewa Ketika Tidak Dihargai

Saat kita sudah berupaya melakukan sebuah kebaikan, tapi ternyata hal itu malah disalahartikan atau diremehkan, mungkin kita akan sakit hati. Kita berniat berbuat baik, kok malah diperlakukan dengan tidak baik? Pengalaman semacam ini memang menyakitkan, tetapi bukan berarti kita berhenti menjadi orang baik. Menyikapi orang yang tak menghargai niat baik kita memang perlu dilandasi dengan hati yang lebih lapang.

1. Cobalah Berempati

Seseorang tidak menghargai niat baik kita karena mungkin dia sedang ada masalah pribadi. Mungkin dia sedang mengalami hal buruk atau sedang mengalami masalah yang cukup pelik sehingga tidak bisa memahami niat baik kita untuknya. Cobalah untuk berempati. Cobalah untuk memahami mungkin dia memang sedang mengalami kesulitan yang membuatnya sulit berpikir jernih.

 

2. Ambil Inisiatif

Kalau ingin tahu alasan sebenarnya seseorang tidak menyukai kita, kita bisa coba untuk bertanya. Ambil inisiatif untuk bertanya langsung padanya. Bisa jadi ada kesalahpahaman yang perlu diluruskan. Mungkin juga dia memang sama sekali tak bisa menangkap niat baik kita untuknya.

3. Tetap Tersenyum

Walau mungkin ini awalnya sulit dilakukan, tetapi cobalah untuk tetap tersenyum. Setidaknya hadirkan senyuman itu untuk diri sendiri. Saat kita sudah mengupayakan diri untuk tetap tersenyum, setidaknya akan ada perasaan yang lebih tenang dan nyaman hadir di dalam diri. Sebuah senyuman bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih bahagia.

4. Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Kita sudah berusaha berbuat baik, dan itu sudah lebih dari cukup. Daripada merasa kesal atau malah menyimpan dendam kepada orang yang tak menyukai kita, mending fokus dengan diri sendiri. Fokus berterima kasih pada diri sendiri yang sudah melakukan hal baik. Kelebihan menjadi orang baik adalah kita takkan pernah menyesali setiap pilihan yang kita ambil.

 

5. Fokus pada Hal yang Lebih Penting

Ada orang yang meremehkan atau memandang buruk niat baikmu? Ya sudah tak perlu dipedulikan lagi. Fokus saja pada hal yang lebih penting. Alihkan fokus pada hal-hal lain yang masih bisa diupayakan menjadi lebih baik. Fokus mengerjakan dan melakukan kebaikan-kebaikan lain yang masih bisa dilakukan.

Meski tak semua niat baikmu diterima dengan baik oleh semua orang, tetaplah jadi orang baik ya. Menjadi orang baik tidak akan membuat kita menyesali apa-apa.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading