Sukses

Lifestyle

Pernah Diejek Gendut Usai Melahirkan, Begini Perjuangan Pemenang Sport Model internasional Dapatkan Body Goalsnya

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan anak keduanya, Fen Fen Liu kerap diejek karena bertubuh gendut. Diapun dicibir habis karena bersusah payah untuk keluar masuk gym ikut angkat beban yang saat itu dipercaya hanya untuk laki-laki. Belum lagi usianya sudah 35 tahun saat itu.

Tapi Fen Fen Liu, ibu kelahiran 18 September 1977 pemenang Sport Model internasional ini, tidak menyerah dan membuktikan agar ia tidak dicibir gendut oleh orang lain. Tekadnya sangat kuat untuk menjadi sehat, bugar, dan kuat karena bagi dia Fit + Strong = Sexy, sebagaimana moto dia yang ditulis di Instagramnya @fenfitlicious.

“Saya dulu itu sering diejek setelah melahirkan anak kedua, ada sisa 18 kilo di badan, kebayang deh segede gajah karena saya tergolong cukup tinggi,” ucap Fen Fen di Jakarta.

Kemudian, dia mulai bergabung dengan gym setelah bayinya berusia satu tahun. Namun jalannya tak mulus, saat mengikuti kelas fitnes, ia dikecam oleh para perempaun lainnya, karena lebih baik menjadi ibu rumah tangga saja. Dan olahraga angkat besi hanya untuk pria. 

“Mereka bilang sudahlah jadi ibu rumah tangga dan sudah tidak muda lagi jangan pusing sama badan. Yang penting olahraga keringetan uda cukup katanya,” sambung Fen Fen.

Menu diet

Tak hanya soal urusan gym, Fen Fen pun mendapat cibiran lagi saat orang-orang melihatnya makan di loker dengan makanan diet ala Fen Fen yang tanpa minyak, tanpa garam dan dikukus.

“Betul dikata-katain lagi dikira saya sudah stres, kok sampai segitunya makan tanpa minyak, tanpa garam tidak ada rasa, tidak menikmati hidup, dan lain-lain. Menurut mereka kalau sudah ‘turun mesin’ pasti tidak bisa punya badan bagus apalagi sudah punya anak dua,” ujarnya

Perempuan dengan nama asli Nilawaty ini hanya menoleh dan tersenyum kepada orang yang mengejeknya. Dalam hati hanya berkata pada diri sendiri,’Ya tidak apa-apa Fen Fen, orang lain bisa berkata dari A-Z tanpa pengetahuan apa-apa.’

Dia belajar diet dan latihan yang benar. Trial and error, dan terus belajar. Cibiran orang-orang justru menjadikan semangat dan motivasi buatnya. ia ingin membuktikan bahwa pandangan orang-orang terhadap latihan angkat beban dan diet adalah salah.

Semangatnya luar biasa dan waktu berjalan terus, sampai suatu ketika di locker, Fen Fen bertemu dengan seorang teman yang sudah lama tidak bertemu. 

“Dia kaget melihat perubahan fisik saya. Dia bilang wow Fen Fen berubah banget, kamu operasi ya kok perut kamu bisa begitu? Saya pun tertawa dalam hati, apa pun kondisi kita, disyukurin saja yah karena pasti tetap akan ada orang yang tidak menyukai keberhasilan kita,” ungkapnya.

Fen Fen pun tetap menjalankan diet sehat naturalnya plus angkat beban yang di tekuninya sampai sekarang sebagai solusi  hidup sehatnya. Terakhir dia mengaku bersyukur karena melakukan dua aktifitas ini secara bersamaan waktu itu. 

“Saya beruntung waktu itu memutuskan untuk memulai diet sehat sekaligus latihan angkat beban. Kalau diet saja nggak makan pasti kurus tapi apa yang terjadi di kulit kita nggak kencang. Dengan diet dan angkat beban dalam waktu yang bersamaan, maka otot akan terbentuk, lemak akan terkikis dan otomatis kulit juga tidak bleber malah jadi kencang dan singset,” katanya.

Fen Fen kini lebih dikenal sebagai pengusaha, atlet wanita, penasihat transformasi wanita, dan influencer fitness & healthy lifestyle di Indonesia. Dia adalah owner “Fit by Meal” @fitbymeal, makanan sehat dengan konsep Meal Preps, founder aplikasi “Ayofit Indonesia Sehat”, dan Atlit yg di support menjadi Brand Ambassador “ANS Performance”.

"Saya ingin kasih tau ke ibu-ibu muda, saya saja memulai dari usia 35 tahun dan saya sekarang sudah 44 tahun masih bisa membentuk badan dan bugar seperti ini apalagi kalian yang jauh lebih muda. Saya juga memotivasi buat cewek-cewek yang takut angkat beban, sekarang justru banyak anak muda yang ikut angkat beban,” sambungnya. Dia memanfaatkan semua kesempatan untuk mengkampanyekan hidup sehat, dan memotivasi ibu-ibu muda untuk tidak mudah menyerah menjadi sehat, bugar, dan kuat.

Kompetisi Internasional

Melalui berbagai latihan yang dia lakukan selama beberapa tahun, Fen Fen menyebut mulai banyak direct message ke IG-nya yang memintanya menjadi personal coach mereka, sehingga Fen Fen berkesempatan untuk berbagi pengalaman, memotivasi dan melatih mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Saya aktif memberikan pembinaan selama 2-3 tahun dari tahun 2015,” ujar Fen Fen.

Dari sana Fen Fen Liu melalui ajakan teman mulai berani untuk mengikuti tantangan kompetisi internasional untuk kategori Fitness Model dan Sport Model. Fen Fen pun mengikuti  ICN (I Compete Natural) Worldwide Sport Model 2019 di Melbourne. ICN adalah ajang kompetisi internasional di Australia.

“Debut pertama saya adalah mengikuti kompetisi di kategori “Fitness Model” dan “Sport Model” . Saat itu usia saya sudah tidak muda lagi yaitu 42 tahun. Dan saya memenangkan juara ke-5 (top 5) di Kejuaraan Sport Model. Saya bangga dengan pencapaian pertama saya & tentunya tidak akan berhenti sampai disini  saja karena saya berencana mengikuti kompetisi lagi di waktu yang akan datang,” kisah Fen Fen. 

Kemudian dia juga mulai berkontribusi membuat catering sehat dengan brand Fit by Meal di tahun 2019 dengan konsep meal preps untuk membantu memudahkan semua yang ingin hidup sehat atau yang baru memulai diet sehat.Kemudian dilanjutkan dia mendapat kontrak dengan merek suplemen Eropa pada tahun 2017 selama 3 tahun karena gaya hidup yang dia jalani secara konsisten.

Dengan kesempatan yang lebih baik Fen Fen mendapat kontrak baru pada tahun 2020 sebagai Brand Ambassador “ANS Performance Indonesia” sampai sekarang. Fen Fen menjadi salah satu pendiri PT Ayofit Indonesia Sehat dan menjadi angel investor. Ayofit adalah aplikasi atau platform berbasis teknologi yang bergerak di bidang olahraga dan gaya hidup sehat.

Melalui media sosial miliknya, Fen Fen pun tidak pelit memberikan tutorial untuk hidup sehat dan memiliki bentuk tubuh yang sexy. Contohnya terhadap pertanyaan untuk memiliki bokong indah. Menurutnya perlu kerja keras, pola makan yang benar (diet sehat) dan tentunya hitting the weight room (alias nge-gym).

“Banyak metode latihan yang bisa kalian terapkan sesuai kebutuhan. Forms dan teknik tentunya menjadi fokus utama. Dan istirahat yang cukup itu penting karena di saat itulah otot kita diperbaiki, bertumbuh dan menjadi lebih kuat. Hindari pola latihan yang sama dan monoton pada muscle group yang sama dalam waktu berdekatan. Konsisten mengonsumsi makanan sehat utk membantu pertumbuhan otot bokong kalian dam lakukan latihan yang sesuai untuk membentuk dan mengencangkan otot bokong kalian,” sarannya.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading