Sukses

Lifestyle

Kenali! 5 Gaya Hidup Konsumtif Milenial

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti suka gak sadar kan kalau selama kebiasaan yang sering kamu lakuin ternyata menguras kantong kamu? Sebagai anak milineal, tentunya kamu tidak sadar jika kebiasaan yang sering kamu lakukan itu cenderung membuat kamu ga bisa nabung. Hal-hal yang sering kamu lakukan seperti jajan, nongkrong, atau jalan-jalan ke mall tanpa tujuan menjadi faktor utama penyebab adanya gaya hidup konsumtif bagi anak milenial. Untuk itu kamu perlu tahu contoh gaya hidup apa saja yang bisa menguras kantong dan gak bikin kaya. Cek infonya dibawah ini.

1. Jalan-jalan ke mall tanpa tujuan

Jika kamu jalan-jalan ke mall tanpa tujuan, kamu akan cenderung banyak membeli ataupun melakukan pembelian yang impulsif atau tidak berencana. Oleh karena itu, kalau kamu ingin jalan-jalan ke mall tentukan dulu tujuan kamu apa seperti mau beli barang, mencari kebutuhan, atau hanya sekedar nongkrong saja. Hal-hal tersebut harus kamu tentukan karena jika tidak ditentukan kamu akan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak ada dalam kebutuhanmu.

2.  Membeli yang tidak dibutuhkan

Mungkin kamu sering mengincar barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan tetapi hanya kamu inginkan yang mana barang-barang tersebut banyak yang sudah kamu punya. Maka dari itu, setiap bulan kamu harus bisa mengatur apa yang menjadi kebutuhan kamu dan apa yang ingin jadi keinginan kamu.  Jadi, jangan membeli hal-hal yang diinginkan saja tapi harus dilihat juga fungsinya apa.

3. Terlalu sering jajan dan ngopi

Sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa jajan dan ngopi terus menerus  dapat membuat keuangan menjadi terkuras.  Hal tersebut merupakan gaya hidup yang salah. Maka dari itu, jangan terlalu sering jajan dan ngopi setiap hari. Sebisa mungkin kamu harus bisa mengaturnya seperti minum kopi 3 kali seminggu dan langsung membeli jajanan dalam jumlah banyak agar bisa dikonsumsi jangka panjang.

4. Meminjam uang tabungan untuk belanja

Jika kamu sering melakukan atau mempunyai mindset meminjam tabungan lalu dibayar saat gajian pasti tidak akan diganti. Ujung-ujungnya kamu pasti mempunyai pengeluaran-pengeluaran lain dikarenakan kamu tidak mengatur budgetmu dengan baik. Jadi, kalau kamu mau beli barang yang inginkan belilah di setiap awal bulan atau setelah kamu gajian. Tetapi jika keperluannya mendesak tidak apa-apa untuk dilakukan.

5. Tidak mengatur budget keuangan

Hal yang sering banget dilakukan adalah tidak pernah mengatur budget keuangan setiap bulan. Gaya hidup itu juga merupakan gaya hidup yang salah. Jadi kalo bisa setiap bulan atau setiap kamu mendapatkan penghasilan, kamu harus atur terlebih dahulu berapa persen keuanganmu untuk kebutuhan harian, berapa persen untuk menabung, dan berapa persen untuk hiburanmu.

Itu dia beberapa kebiasaan gaya hidup yang salah tanpa kamu sadari. Kira-kira gaya hidup mana yang mungkin tanpa sadar sering sahabat fimela melakuin?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading