Sukses

Lifestyle

Arti Surat Al-Kautsar dan Keutamaannya yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Salah satu surat pendek yang sering dibaca saat salat adalah surat Al-Kautsar. Surat Al-Kautsar ini sering dibaca setelah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Kautsar ini disebut sebagai surat pendek karena memiliki 3 ayat saja.

Arti surat Al-Kautsar adalah surat yang diturunkan di Makkan kepada Nabi Muhammad SAW. Surat Al-Kautsar ini termasuk surat Makiyah, yang merupakan nama sungai di surga. Surat Al-Kautsar juga diartikan sebagai nikmat yang banyak, sesuai dengan ayat pertama yang tertulis dalam surat pendek ini.

BACA JUGA: Bacaan Surat Al Maun Beserta Arti Dan Keutamaannya

Bahkan surat ini juga dinamakan sebagai surat An-Nahr, yang diambil dari ayat kedua. Surat Al-Kautsar ini terdapat pada juz 30, yang bisa dijadikan sebagai pilihan saat salat berjamaah, seperti fardhu atau tarawih.

Surat yang termasuk surat ke-108 dalam Al-Quran, yang terletak diantara surat Al-Ma’un dan surat Al-Kafirun ini memiliki keutamaan yang harus diketahui. Berikut arti surat al kautsar dan keutamaannya, dilansir dari Liputan6.com:

Arti Surat Al-Kautsar

Surat Al-Kautsar bisa dimaknai dan dihafalkan setiap hari. Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah dan sebagai nama sungai. Berikut arti surat Al-Kautsar:

Arti surat Al-Kautsar ayat 1

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

innaa a'tainaakal-kausar

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."

Arti surat Al-Kautsar ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

fa salli lirabbika wan-har

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah."

Arti surat Al-Kautsar ayat 3

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

inna syaani'aka huwal-abtar

"Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus."

Asbabun Nuzul Diturunkannya Surat Al-Kautsar

Sebab diturunkannya surat Al-Kautsar adalah Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu terkait asbabun nuzul surat Al Kautsar. Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, "Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?"

Maka Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat." Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar. "Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?"

Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku." Maka dikatakan, "Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu"." (HR. Ahmad; shahih)

Keutamaan Surat Al-Kautsar

Diberikan Nikmat oleh Allah SWT

Keutamaan surat Al-Kautsar yang pertama adalah diberikan nikmat oleh Allah SWT. Surat ini menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat kepada Rasulullah, diantaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga kelak.

Surat ini juga memberikan arahan kepada Rasulullah, untuk mengingatkan bahwa harus bersyukur atas nikmat dengan melakukan salat yang ikhlas, dan qurban yang dipersembahkan untuk Allah SWT. Surat ini juga bisa membukakan rezeki untuk yang memaknainya.

Keluarga Harmonis

Memaknai surat Al-Kautsar bisa menjadikan keluarga menjadi lebih harmonis, jika surat ini dibaca dan diamalkan dengan salat tahajud bersama dengan pasangan. Keutamaan dari surat ini bisa membuat hubungan suami istri lebih sakinah, mawadah dan warohmah.

Menyembuhkan Penyakit

Keutamaan surat Al-Kautsar yang selanjutnya, yaitu bisa membantu menyembuhkan penyakit. Surat ini bisa dijadikan sebagai alat ikhtiar bagi umat Muslim, untuk meminta kesembuhan kepada Allah, atas segala sakit penyakit yang dideritanya. Surat ini bisa dibacakan saat minum.

Menenangkan Hati

Surat ini juga bisa digunakan untuk menenangkan hati, jika surat ini dibaca dan diamalkan sebanyak tiga kali. Selain menenangkan, surat ini bisa melunakkan hati seseorang.

Menghindarkan dari Kezaliman

Mengamalkan surat Al-Kautsar, bisa membuat seorang Muslim terhindar dari kezaliman. Surat ini bisa dibaca sebanyak 71kali dengan hati yang ikhlas, lalu menyerahkan diri kepada Allah SWT.

Doa Akan Terkabul

Keutamaan yang selanjutnya, yaitu membuat doa menjadi terkabul jika memiliki suatu keinginan. Tentu saja harus disertai dengan usaha agar keinginan terkabul, dan berdoa dengan hati yang ikhlas.

Sebagai Alarm Bangun Tidur

Keutamaan yang terakhir, yaitu membantu membangunkanmu di pagi hari. Surat Al-Kautsar bisa diamalkan sebanyak 7 kali sebelum tidur di malam hari. Maka kamu akan diingatkan Allah untuk bangun pagi dan melakukan salat subuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading