Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Slogan yang Menarik dan Mudah Diingat

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita menjumpai serangkaian kata-kata yang menarik perhatian, yang disebut dengan slogan. Kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat pendek, yang sangat mudah diingat oleh orang-orang. Seperti pada slogan sebuah produk yang diiklankan.

Tak hanya untuk iklan saja, slogan juga sering digunakan sebagai semboyan sebuah organisasi, golongan, partai politik, dan lain sebagainya, untuk menyampaikan suatu informasi.

Slogan juga dibuat sebagai gagasan atau ide pikiran dari sebuah organisasi tersebut, menjelaskan tentang sebuah tujuan penting dari organisasi,sebuah produk, partai politik dan lain sebagainya. Slogan juga digunakan untuk memotivasi orang lain, agar masyarakat lebih sadar dan waspada.

Slogan terdiri dari beberapa jenis, yaitu slogan tentang kebersihan lingkungan, slogan tentang kesehatan, slogan tentang gaya hidup sehat, slogan pendidikan dan lain sebagainya. Berikut tips membuat slogan yang menarik, dan mudah diingat orang, dilansir dari berbagai sumber:

 

 

Berintonasi yang Sama

Tips membuat slogan yang pertama adalah membuat slogan dengan intonasi yang sama. Slogan yang dibaca dengan kalimat yang seintonasi, bisa membuat pembaca slogan tertarik untuk membaca dan mengucapkan slogan tersebut, serta mudah diingat oleh pembacanya.

Kamu bisa membuat slogan yang hampir seperti pantun, dengan akhiran huruf yang sama, tapi tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Contohnya seperti "Meski usia tua, tapi jiwa tetap muda."

Menekankan Keunggulan

Tips membuat slogan yang menarik berikutnya yaitu membuat slogan dengan mengunggulkan sebuah produk, atau tentang visi misi dari sebuah organisasi. Agar pembaca tertarik untuk membeli sebuah produk, atau tertarik untuk bergabung dengan organisasi tertentu, maka slogan harus dibuat semenarik mungkin, dengan kata-kata yang menarik dan mudah untuk diingat pembaca.

Dari sebuah slogan, seseorang akan lebih tertarik, kalau kalimatnya sedikit tetapi lebih bermakna, karena kalimat tersebut mengandung sebuah penjelasan, bahwa produk atau organisasi tersebut lebih baik daripada pesaing.

Sebagai contoh dari slogan milik perusahaan KFC, yaitu "KFC Jagonya Ayam", slogan yang digunakan oleh perusahaan KFC tersebut, menjelaskan tentang keunggulan produk ayam yang dijual, bahwa produknya lebih baik daripada produk pesaing.

Adanya Komitmen

Dalam membuat slogan, harus fokus kepada pikiran pembaca, agar pembaca slogan lebih tertarik, mudah mengingat slogan tersebut dan termotivasi. Karena memotivasi pembaca merupakan salah satu dari tujuan membuat slogan.

Jadi biar sloganmu bisa membuat pembaca menjadi tertarik dan lebih termotivasi, buatlah slogan dengan menuliskan komitmen yang kuat. Sebagai contoh yaitu slogan "agar tidak minum obat, maka hidup sehat".

Membuat dengan Kata Singkat dan Bermakna

Tips membuat slogan yang menarik berikutnya adalah membuat slogan dengan kata singkat, tetapi isi slogan tersebut memiliki banyak makna. Dengan kalimat yang menggunakan kata yang simpel, akan membuat pembaca lebih mudah mengingat slogan tersebut.

Sebagai contoh adalah slogan "Rumahku adalah Istanaku." Walaupun slogan ini hanya terdiri dari 3 kata saja, tetapi slogan ini memiliki makna yang sangat penting, yang membuat pembacanya memahami arti rumah sesungguhnya, dan menciptakan sebuah kehangatan dalam rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading