Sukses

Lifestyle

Perawatan Orang Dengan HIV AIDS

Ladies, merawat dan hidup bersama penderita AIDS memang bukan perkara mudah. Sistem imun yang lemah membuat orang dengan HIV AIDS (ODHA) menjadi sangat lemah dan mudah terserang penyakit lain. Hal ini menyebabkan perawatan terhadap ODHA sangatlah ekstra. Bukan hanya memperhatikan kebutuhan nutrisi dari makanannya saja yang harus diperhatikan, namun juga lingkungan tempat perawatan.

ODHA sangat membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, namun juga tetap harus menjaga diet sehat untuk kebaikan tubuhnya sendiri. Mengkonsumsi berbagai macam makanan ketika harus berjuang melawan diare dan muntah-muntah (gejala umum HIV dan AIDS) memang tidak mudah. Jika hal ini terjadi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan perawat untuk mengatasi hal ini.

Ladies, seseorang yang terkena HIV AIDS harus memulai hidup sehat, hal-hal yang biasanya memicu HIV AIDS seperti obat-obatan (melalui penggunaan jarum bergantian) dan alkohol (yang biasanya menjadi pemicu utama seseorang melakukan seks tidak aman) harus sangat dihindari.

Menurut laman womensheat.gov, efek dari alkohol dan obat- obatan terlarang dapat mengurangi kemampuan obat yang digunakan untuk perawatan penyakit itu sendiri. Segerakanlah untuk meminta bantuan dokter jika Anda merasa kesulitan mengkontrol kebiasaan menggunakan obat dan alkohol.

Saat seseorang terjangkit HIV AIDS biasanya mereka hanya akan berkonsentrasi pada HIV Atau AIDS nya saja dan tidak memperhatikan kemungkinan untuk terserang penyakit lainya. Ilmu pengetahuan yang sudah modern sungguh sangat mebantu ODHA untuk dapat memiliki umur yang lebih berarti.

Di samping itu, hal ini juga berarti ODHA juga akan mengalami penyakit yang dialami orang normal pada usia tua seperti diabetes, osteoporosis dan lainya. Saat Anda bertangung jawab untuk menjaga dan merawat ODHA, pastikan anda juga menjalani hidup sehat dan berolahraga secara teratur. Akan lebih mudah untuk Anda dan ODHA jika keduanya dalam kondisi yang stabil.

 

Oleh: Lia

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading