Sukses

Lifestyle

Mengenal Lebih Jauh Tentang Exhibitionism

Siapa yang tidak kaget ketika ada orang asing yang tiba-tiba melepas celana dan mempertontonkan organ seksualnya kepada Anda? Hal ini adalah salah satu kelainan seksual yang dinamakan exhibitionism.

Ya, exhibitionism adalah upaya mempertontonkan organ seksual kepada orang lain secara tak diduga. Kelainan seksual ini sudah termasuk pada kelainan mental yang tergolong pada paraphilia, yaitu obsesi untuk melakukan kegiatan seksual yang “nyeleneh”.

Ketika memperlihatkan organ seksualnya, tak jarang pelaku exhibitionism melakukan masturbasi. Beberapa exhibitionist memang sengaja dan secara sadar melakukan danmempertontonkan organ seksualnya untuk membuat orang lain kaget, sedangkan beberapa lainnya berharap bahwa orang lain terangsang untuk melakukan hubungan seksual setelah diperlihatkan organ seksualnya.

Kelainan seksual ini tergolong sebuah bentuk kriminalitas. Pelakunya bisa dijerat oleh hukum dengan tuduhan perlakuan tidak menyenangkan.

Penyebab seseorang menjadi exhibitionist belum diketahui secara pasti. Seperti dikutip dari laman allaboutcounseling.com, diduga kuat perlakuan tidak menyenangkan di masa kecil (yang melibatkan pelecahan) dan keluarga yang tidak harmonis adalah dua penyebab utamanya.

Selain itu, terdapat pula penjelasan secara biologis mengapa seseorang bisa menjadi exhibitionist; yaitu kelebihan hormon testosterone sehingga seseorang tersebut mengalami penyimpangan seksual.

Seberapa banyak orang yang menderita exhibionism tidak dapat diketahui secara jelas sebab banyak di antaranya tidak mencoba untuk menyembuhkannya. Psikoterapi dan obat-obatan tertentu merupakan treatment yang cukup efektif bagi exhibitionist.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading