Sukses

Lifestyle

3 Tips Menggoreng Untuk Pemula

Bagi pemula yang baru belajar memasak, salah satu hal yang biasanya jadi momok adalah menggoreng. Tenang, kamu nggak sendiri kok. Terciprat minyak panas, suhu yang terlalu tinggi sehingga gorengan menjadi gosong ataupun tumpahan minyak dimana-mana yang sulit dibersihkan, bikin acara masak jadi berantakan.

I feel you, Ladies. Tapi jangan khawatir. Bukan berarti kekhawatiranmu dalam menggoreng ini bikin kamu nggak bisa menikmati kressnya lumpia goreng atau renyahnya pisang goreng favorit lho. Ini trik dari realsimple.com untuk kamu yang takut menggoreng, yang bisa dipraktekkan:

    Kenali Jenis Wajan Yang Digunakan

    Umumnya ada 2 jenis wajan yang digunakan untuk menggoreng, yaitu pan-fry atau deep-fry. Wajan pan-fry lebih datar dan lebar, digunakan untuk menggoreng fillet atau menumis. Sementara deep-fry lebih dalam permukaannya dan digunakan untuk menggoreng makanan yang berbentuk besar, misalnya donat atau ayam goreng.

    Jangan Takut Dengan Minyak Panas

    Banyak orang yang grogi menghadapi minyak panas dan mencemplungkan makanan ke dalamnya. Biasanya secara otomatis kita akan mencemplungkan makanan dari jarak jauh. Padahal itu justru bikin minyak menciprat ke mana-mana lho. Solusinya: masukkan makanan pelan-pelan dari jarak dekat. Semakin dekat tangan ke dalam wajan penggorengan, justru minyak akan lebih 'jinak'.

    Gunakan Serokan atau Peniris

    Alat ini murah dan bisa ditemukan di toko-toko terdekat. Serokan atau peniris yang ideal adalah yang memiliki pegangan panjang sehingga gorengan tidak tersangkut padanya.

    Bolehkah Menggunakan Minyak Berkali-kali?

    Banyak perdebatan seputar minyak yang digunakan untuk menggoreng beberapa kali. Lopez-Alt, seorang koki professional mengatakan, sesungguhnya tak masalah menggunakan minyak lebih dari satu kali penggorengan. Asalkan minyak disimpan pada suhu kamar tertutup, di tempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari kompor. Perlu diingat, semakin banyak sisa makanan yang tertinggal di minyak bekas, akan menurunkan kualitas minyak itu sendiri. Jadi, bersihkan minyak dari remahan gorengan jika kamu akan menggunakannya sekali lagi.

Memang perlu jam terbang agar bisa menghasilkan gorengan yang cantik tanpa perlu membawa 'oleh-oleh' luka karena cipratan minyak panas. Semoga 4 tips di atas dapat membantumu ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading