Sukses

Lifestyle

Pohon Trembesi: Pohon Dengan Manfaat Menakjubkan Untuk Solusi Pemanasan Global

Program penghijauan penanaman pohon di beberapa kota sedang marak diselenggarakan. salah satunya adalah program Menanam Trembesi di 1.359 KM Merak - Banyuwangi yang sukses digelar bersama dengan Djarum Foundation dan Pangdam XVI Pattimura, Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, yang terkenal selalu memprakarsai kegiatan penghijauan, mulai dari pembibitan hingga penanaman pohon, baru-baru ini.

Pohon Trembesi dipilih karena menurut Doni Monardo, pohon Trembesi memiliki tajuk-tajuknya yang sangat rindang, ditambah pohon ini berstruktur besar sehingga sangat sesuai dengan lahan-lahan terbuka namun tidak merusak bangunan atau badan jalan.

"Selain itu, pohon Trembesi juga sudah ada sejak pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda sejak 200 tahun lalu di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hampir di semua bangunan peninggalan Belanda, seperti istana-istana dan kompleks-kompleks militer, di halamannya ada pohon Trembesi," ucap Doni saat dihubungi Vemale di kawasan Jakarta Senin 14 Desember 2015.

Foto dok. Vemale.com

Pohon Trembesi, lanjutnya, juga memiliki kemampuan yang mengesankan yaitu dalam menyerap karbondioksida (C02). Menurut hasil penelitian Endes N Dahlan, (dosen Institut Pertanian Bogor) Trembesi dapat menyerap 28,5 Ton CO2/tahun. "Jadi saya semakin yakin jika pohon trembesi merupakan terobosan untuk mengatasi pemanasan global, sebuah masalah yang bukan omong kosong, tetapi sudah terjadi di depan mata," terangnya.

Program Menanam Trembesi pun ternyata pernah berhasil dilakukan di tahun 2010 lalu, dan kali ini program Menanam Trembesi 1.350 KM Merak - Banyuwangi juga telah berhasil menanam 36.763 pohon Trembesi. Selain program penanaman pohon Trembesi di 1.350 KM Merak - Banyuwangi, program penghijauan lain juga telah berhasil dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan sepanjang jalur Pantura sebanyak 500.000 pohon. Selain itu, Tol Cipali juga termasuk yang dihijaukan dengan pohon Trembesi.

Puncak program penghijauan ini akan diselenggarakan pada Kamis 17 Desember 2015, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebelum acara puncak, program penanaman pohon ini akan dibuka dengan didahului Edukasi Lingkungan yang diselenggarakan Djarum Trees For Life, Rabu 16 Desember 2015 di Taman Konservasi Lingkungan Pegunungan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading