Sukses

Lifestyle

Belajar Dari Kehidupan Anak Panti Asuhan: Tetap Tegar dan Semangat Meskipun Hidup Pas-Pasan

Tinggal di panti asuhan memiliki banyak cerita dan pelajaran yang bisa diambil. Hidup bersama dengan banyak orang senasib dan selalu berbagi menorehkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak-anak yang harus tinggal di sana.

Seperti yang dialami anak-anak di Yayasan Yatim Piatu Mardhotillah Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Seperti dilansir Merdeka.com, mereka menikmati hidup mereka yang seadanya, jauh dari kemewahan. Makan seadanya, hanya dengan lauk tempe dan sambal sudah biasa mereka rasakan. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan pada panti yang ditinggali 25 anak ini.

Salah satu penghuni panti, Bayu Nata Linggar mengatakan, "Kita di sini biasa makan bareng-bareng dengan lauk seadanya, nasi tempe. Ramai-ramai 1 loyang bersama-sama (satu tempat seperti piring besar, istilahnya kembulan)."

Menurut Bayu, dengan makan bersama-sama mereka bisa membangun nuansa kebersamaan. Mereka merasakan perasaan senasib, belajar, berjuang bersama, dan terpisah dari orang tua.

Teman senasib Bayu, Muhammad Jafar Assidik menyatakan dirinya tidak malu bergaul dengan rekan pantinya, justru tinggal bersama-sama memiliki keunikan sendiri baginya.

Tidur hanya dengan beralaskan tikar dan ditemani nyamuk tak masalah bagi Siddik. Karena kamarnya sedang diperbaiki, Siddik dan teman-temannya arus mengungsi ke aula panti, tidur tanpa beralaskan kasur.

Siddik dan teman-temannya tidak setiap hari bisa mendapatkan uang jajan. Kadang-kadang saja dia diberi uang yang dititipkan lewat pembinanya sejumlah seribu sampai dengan lima ribu rupiah.

Bayu dan Siddik memiliki cita-cita yang tinggi. Kehidupannya di panti yang serba pas-pasan tidak menjadi penghalang bagi mereka. Bayu ingin menjadi seorang sarjana dan bermanfaat bagi orang lain nantinya. Kehidupan di panti selalu mengajari mereka berjuang mandiri untuk kehidupannya.

Untuk itu, jika Anda merasa tidak puas dengan kehidupan Anda, ingatlah, banyak yang di luar sana yang memiliki nasib tidak seberuntung Anda.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading