Sukses

Lifestyle

Belajar Mengatur Keuangan ala Masyarakat Jepang, Begini Triknya!

Fimela.com, Jakarta Mengaku cinta dengan kebudayaan Jepang? Jangan cuma mengikuti animenya saja. Sebab, ada banyak hal positif yang bisa kamu pelajari dari masyarakat Negeri Sakura tersebut. Apalagi masyarakat Jepang dikenal dengan sikap disiplin dalam hidupnya yang tinggi. Mereka juga dikenal sebagai pekerja keras. Tak heran, jika tingkat kesuksesan masyarakat Jepang sangat tinggi.

Menariknya, sikap disiplin dan kerja keras masyarakat Jepang tak hanya diaplikasikan dalam pekerjaan saja. Mereka juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali menabung. Apabila tertarik untuk mengatur keuangan ala masyarakat Jepang, beberapa triknya berikut ini bisa kamu pahami.

Melakukan Kakeibo

Jepang punya teknik khusus dalam mengatur keuangan. Teknik tersebut bernama Kakeibo. Pada dasarnya teknik ini mewajibkanmu untuk mencatat setiap detail pengeluaran. Uniknya Kakeibo ini populer sejak 1900-an di Jepang. Dengan pencatatan detail setiap pengeluaran, lalu menganalisanya setiap akhir bulan, orang-orang Jepang bisa melakukan penghematan sangat signifikan. Jangan kaget, jika gaya hidup orang Jepang cukup minimalis, kendati negara dan budaya mereka sangat maju.

Membagi Keuangan dalam 4 Kategori

Secara detail, Kakeibo bisa kamu praktekkan dengan mengelompokkan pengeluaran menjadi empat bagian. Pertama, pengeluaran dasar sehari-hari, seperti makan, transportasi, dan biaya kos, kontrak atau cicilan rumah. Kedua, pengeluaran sekunder, seperti membeli pakaian dan hangout. Lalu, ada pengeluaran Kultur, seperti membeli buku dan menonton film di bioskop. Sedangkan, keempat adalah pengeluaran ekstra, semacam membeli kado atau ke bengkel. Di akhir bulan, periksa pos mana yang berhasil kamu hemat. Dari situ, kamu bisa mengetahui hal tak berguna apa yang kerap kamu beli, sehingga dapat menjadikannya acuan agar lebih hemat untuk pengeluaran di bulan-bulan selanjutnya.

Berpikir Matang Sebelum Melakukan Pengeluaran

Kakeibo tak akan bisa kamu praktekkan dengan maksimal, apabila masih sikap berpikir matang sebelum melakukan pengeluaran apapun belum kamu terapkan. Sikap inilah yang menjadi pendorong atau penghambat keberhasilanmu menerapkan Kakeibo. Sebab, kadang godaan untuk belanja selalu ada. Entah pakaian, tiket pesawat murah, atau beragam hal yang berkaitan dengan hobi.

Menjadikan Kewajiban Menabung Sebagai Prinsip

Sebagai penyempurna, tanamkan sikap kewajiban menabung sebagai prinsip. Tak harus banyak, karena akan sia-sia jatuhnya jika hanya niat menabung dalam jumlah besar di awal, tetapi akhir-akhirnya justru malas bahkan lupa. Sebaliknya, kamu bisa mulai menabung dari uang hasil penghematan dengan Kakeibo. Apalagi jika metode tersebut berhasil kamu jalankan secara maksimal, pelan tapi pasti uang yang kamu hemat akan stabil, bahkan bisa bertambah. Secara tak langsung, penghematan pengeluaran ini pun dapat membantumu hidup lebih tenang dan pasti, karena tersedianya jaminan masa depan berupa tabungan.

Demi mengoptimalkan Kakeibo tersebut, J-Trust, sebuah bank di Jepang menggandeng karakter anime, agar masyarakat lebih bersemangat menabung, khususnya generasi milenial pecinta anime Jepang. Menariknya, J-Trust Bank ini juga bisa dibuka di Indonesia lho. Lewat Tabungan MOE, kamu bisa memiliki ATM tabungan unik dengan karakter anime favorit, Mion, Sora dan Lily. Tabungan ini pun cocok buat kamu yang memang suka kartun atau anime Jepang.

 

Selain pilihan kartu yang menarik, kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah langsung setiap registrasi serta melakukan pembukaan rekening. Tabungan tersebut juga menghadirkan loyalty program hingga fitur ATM yang mampu melengkapi gaya hidupmu. Sebut saja, pembelian dan pembayaran tagihan telepon seluler, pembelian tiket pesawat, dan kebutuhan lainnya, dapat terpenuhi semua menggunakan kartu ATM J-Trust Bank.

Keuntungan lainnya, bunga Tabungan MOE ini didasarkan pada saldo harian. Nasabah juga akan dibebaskan dari biaya administrasi bulanan. Kamu juga tak perlu khawatir saat ingin menarik uang di ATM, karena Tabungan MOE ini terhubung ke semua jaringan ATM J-Trust Bank, ATM Bersama dan Prima. Tertarik memilikinya? Dapatkan informasi dan persyaratan lengkapnya di sini.

Selain itu, jangan lupa hadir dalam talkshow J-Trust di Fimela Fest 2018 bersama Namira Monda pada Minggu, 18 November 2018. Event menarik yang digelar di Atrium Gandaria City tersebut bisa kamu ikuti dengan mendaftarkan diri dan mengetahui informasi selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading