Sukses

Lifestyle

Merasa Terganggu Oleh Keberadaan Komputer?

Mungkin bukan cuma kamu yang merasa bosan dengan keberadaan komputer yang terlalu mendominasi hari-harimu. Hampir semua orang yang bekerja pasti akan selalu bersentuhan dengan komputer setiap saat. “Pada awal tahun 90-an Bill Gates pernah mengatakan kalau intervensi PC akan menyita hampir 30% waktu beristirahat penggunanya,” ujar seorang pakar kemanusiaan Dr Adam Fraser.

Komputer menyita waktu beristirahat hingga 30%Bahkan, saat ini intervensi komputer dalam kehidupan pribadi kita semakin menjadi-jadi. Coba, siapa yang bisa lepas dari komputer dalam sehari saja? Pastinya walau sebentar kamu akan menyempatkan diri menyalakan komputer untuk sekadar mengecek kotak masuk e-mailmu. "Data statistik saat ini menunjukkan: rata-rata seorang ibu yang bekerja hanya memperoleh waktu murni untuk dirinya sendiri selama 21 menit setiap hari, seoang ayah rata-rata hanya menghabiskan waktu 1 menit untuk benar-benar bisa bersama anaknya, dan rata-rata seorang pekerja akan menghabiskan waktu untuk berkutat dengan e-mail mereka 3 kali lebih lama dibandingkan dengan waktu yang mereka gunakan untuk bisa bersama keluarga dan teman-teman mereka,” Dr. Fraser menambahkan.

Kini, saatnya kamu memberi ruang pada diri sendiri untuk beristirahat dengan cara membuat sedikit jarak dengan PC-mu. Dr. Fraser menyarankan untuk melakukan beberapa langkah berikut agar kamu bisa menikmati waktu santaimu.

  • Buatlah jadwal untuk mengecek kotak masuk e-mail-mu. Jangan biarkan e-mail-mu selalu terbuka dan coba untuk tidak terus-menerus mengecek e-mail.
  • Cobalah untuk menyisihkan waktu satu jam untuk bebas dari teknologi setiap hari. Pada saat itu, sisihkan semua gadget-mu yang bisa menghubungkanmu dengan pekerjaan.
  • Jika memungkinkan, gunakanlah 2 PC. Satu PC khusus untuk bekerja (tanpa internet) dan PC lain khusus untuk menghubungkanmu dengan dunia luar (dengan jaringan internet).
  • Jangan biasakan bersentuhan dengan komputer dan gadget lain saat sedang bicara dengan temanmu. Istirahatkanlah PC-mu ketika kamu harus berbicara dengan orang lain.

 

So, Fimela friends semoga tips di atas bisa membantumu untuk bisa memliki lebih banyak quality time untuk diri sendiri. Buktikan kalau kita bisa (sementara) hidup tanpa teknologi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading