Sukses

Lifestyle

Green Revolution

save water 

Nggak Menggosok Tapi Anti Kusut

Alat setrika membutuhkan sekitar 1.000 sampai 1.800 watt. Kalau dibandingkan, sama dengan menggunakan 10 sampai 18 bohlam 100 watt! Untungnya, kamu bisa menghemat energi dengan cara mengibaskan setelah mengeringkan atau memeras pakaian dan menggantung pakaian saat akan dijemur. Setelah kering, diamkan di gantungan baju atau dilipat dengan rapi. Hal ini akan mencegah pakaian kusut.

Kalau sampai kaus atau celana favorit kusut, gantung di kamar mandi saat kamu mandi (air panas), sehingga bisa menghilangkan kusut. Jika terpaksa harus menggosok, hemat energi dengan sekaligus menggosok banyak pakaian. Jangan biarkan setrika terlalu panas.

Slay Energy Vampires

Standby power atau lopomo, low power mode, diam-diam membuang listrik (dan uang). Jika tidak digunakan, cabut aliran listrik. Artinya, jika kamu sudah selesai menggunakan microwave, hair dryer dan alat listrik lainnya, matikan dan cabut listriknya. Selain TV, yang bisa menghabiskan 12 watt listrik saat standby, pemakan listrik lainnya adalah komputer dan teman-temannya. Printer bisa menghabiskan 11,5 watts dan speaker 10,8 watt. Cara termudah adalah plug ke satu power strip, begitu selesai browsing FIMELA.com, matikan komputer dan, turn power strip off.

Matikan Keran

Saat kamu nggak menggunakan air, matikan kerannya. You can always turn it right back on again. Berapa kali dalam sehari kita membiarkan keran hidup? Menggosok gigi, bercukur, mencuci tangan, mencuci piring, membersihkan sayuran, many times! Keran wastafel di kamar mandi ternyata mengalirkan dua gallon air dalam satu menit.

Kamu juga bisa menghemat 8 gallon air sehari dengan mematikan keran saat menggosok gigi di pagi dan malam hari.

Tips lainnya: Bilas tangan sehabis menyabuni selama 15 detik saja. Basuh piring yang sudah disabuni, bukannya disiram langsung di bawah keran. Rendam sayuran dalam baskom kemudian siram sebentar.

Power Shower!

Ingin lebih menghemat air? Start your day with a power shower. Power shower adalah mandi dengan shower selama 5 menit (menggunakan 12,5 galon air). Rata-rata orang menggunakan 25 galon air sekali mandi. Sesekali coba lakukan mandi ala militer: matikan shower saat sabunan, dan hidupkan lagi saat membilas.

Tutup Lemari Es, Hemat 7%

Di sebagian besar rumah, nggak ada alat yang menggunakan lebih banyak listrik dibanding lemari es, dan kebiasaan simpel berikut bisa menghemat listrik sebanyak 7%! Kuncinya adalah jangan biarkan pintu lemari es terbuka lama dan hindari udara dingin keluar terlalu banyak.

Saat kamu pengen mencari sesuatu untuk dimakan, pikirkan dulu ingin mengambil apa sebelum membuka pintu lemari es dan bengong di depannya. Makanan yang ada di dalam nggak akan kemana-mana, dan kalau memang kosong nggak bakal muncul makanan dengan tiba-tiba.

Jika kamu membuka lemari es terlalu lama, udara dingin yang membuat makanan kita terjaga kesegarannya bisa keluar dari dalam dan udara luar ganti memasuki lemari es. Hal ini membuat kompresor lemari es bekerja keras untuk membuang udara panas dan mengembalikan temperatur dingin di dalamnya, dan menaikkan tagihan listrik.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading