Sukses

Lifestyle

Mengenal Sergei Eisenstein, Pria yang Jasanya Mendunia

Fimela.com, Jakarta Saat membuka laman muka Google hari ini (22/1/2018), kamu pasti akan terkagum dengan munculnya sosok pria yang tengah melebarkan rol film. Ternyata bukan sembarang orang, animasi itu dibuat Google Doodle untuk menggambarkan sosok Sergei Eisenstein, seorang sutradara terkenal yang prestasinya mendunia.

Kemunculan Sergei Eisenstein dalam Google Doodle hari ini bukan tanpa alasan, di mana tanggal 22 adalah hari ulang tahunnya yang ke-120. Semasa hidupnya, Sergei dikenal sebagai sutradara terkenal yang lahir di Riga, ibukota dan kota terbesar dari Latvia.

Selain terkenal sebagai sutradara yang menghasilkan berbagai film ciamik, Sergei Eisenstein juga dikenal sebagai bapak Montase. Dalam istilah perfilman, Montase adalah teknik mengedit potongan film tematik yang terpisah lalu digabungkan menjadi sebuah film yang tertata rapi.

Melansir berbagai sumber teknik mengedit montase ini dapat membut sebuah film menampilkan kronologis sebuah kisah dengan apik. Teknik montase ini pun telah diaplikasikan dalam film-film karya Sergei Eisenstein seperti Battleship Potemkin, Strike, dan The General Line.

Kecintaannya pada film pun tak berhenti sampai di situ saja, di mana melakukan perjalanan panjang dengan pergi keliling Eropa dan Amerika Serikat untuk belajar film bersuara. Karier Sergei Eisenstein didunia perfilman pun sampai ke Hollywood, meski ia harus menerima banyak penolakan di sana hingga akhirnya pergi ke Meksiko.

Sergei Eisenstein yang meninggal di usia 50 tahun tepatnya pada 11 Februari 1948 telah menerima berbagai pernghargaan bergengsi seperti penghargaan Stalin Prizes yang ia terima sebanyak dua kali, Artis Terhormat RSFSR, dan Order of Lenin di tahun 1939 untuk filmnya Alexander Nevsky.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading