Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kenapa Bokong dan Anus Terasa Gatal

Fimela.com, Jakarta Memiliki gangguan pada kulit, apa lagi buat para cewek, pasti nggak nyaman banget. Soalnya, kamu pasti nggak akan tahan untuk nggak menggaruk bagian kulit yang iritasi dan sangat gatal. Kalau digaruk, pasti akan membekas di kulit, dan kadang bisa saja bikin luka.

Apa lagi kalau rasa gatal pada bagian yang lebih pribadi, seperti di bokong. Menggaruknya bukan cuma bikin kulit luka, tapi kamu juga pasti malu. Nah, biar nggak gatal lagi, sebaiknya kamu harus tahu penyebabnya.

Dilansir dari Women's Health Magazine, biasanya ada beberapa macam rasa gatal pada bokong, termasuk pada anus. Menurut National Institute of Health, ada sekitar 5 persen orang-orang di Amerika Serikat mengalami hal ini. Biasanya, rasa gatal timbul karena berbagai faktor gaya hidup dan juga kondisi kesehatan.

Nah, buat kamu yang sering merasa gatal pada bokong, lebih baik mencari tahu apa tipe gangguannya dan bagaimana cara menanggunalanginya. Berikut pembahasan selengkapnya.

Tisu 

Periksa tisu. (Via: kcprofessional.com)

Ya, hal pertama yang penyebab bokong dan anusmu gatal adalah tisu. Zaman sekarang, orang banyak yang membersihkan bagian intimnya, termasuk bokong dengan tisu dan tanpa air, usai buang air. Nah, saking ingi bersihnya, banyak orang yang mengelapnya terlalu keras, sehingga kulit area anus dan bokong akhirnya menjadi lecet. Solusinya, ya lebih baik kamu jangan terlalu kasar saat mengelap bokong usai buang air. 

Tisu Basah

Tisu basah. Foto: pieluszkarnia

Nggak banyak orang tahu, kalau tisu basah itu sebenarnya keras, lho! Tisu basah sering banget jadi 'senjata' di saat darurat. Usai buang air, kamu nggak menemukan tisu kering dan juga nggak ada air. Akhirnya, menggunakan tisu basah, juga biar agak wangi. Tapi sayangnya, nggak banyak orang yang sadar kalau mereka alergi terhadap tisu basah. Soalnya, tisu basah itu mengandung pengharum. 

Makanan Pedas

Buat kamu yang suka pedas, yuk, mampir ke-5 restoran yang ada di Jakarta ini. (Foto: maangchi.com)

Ya, kadang, makanan pedas juga bisa disalahkan. Menurut Kyle Staller, M.D., seorang gastroenterologis di Massachusetts General Hospital mengatakan kepada Women's Health Magazine, makanan pedas membuat feses mengandung asam yang bisa membuat anus iritasi. Nah, kalau sudah iritasi begini, mudah banget jadi gatal. 

Pelembut

Mandi dengan sabun anti bakteri ternyata berbahaya karena berpotensi menghilangkan bakteri baik tubuh (sumber. brands-list.com)

Kamu mungkin ingin kulit bokongmu sangat halus, dengan menggunakan pelembab dan juga sabun yang mengandung pelembut. Tapi, kalau kebanyakan juga nggak baik, girls. Pelembut yang terlalu banyak akan membuat bokongmu gatal. 

Wasir

Wasir Stadium 3

Orang-orang yang memiliki wasir, biasanya nggak nyaman saat buang air besar. Tapi, wasir juga bisa mengakibatkan anus gatal. Soalnya, kalau ada wasir, kadang mengakibatkan kebocoran pada sekitar anus dan kulit bokongmu. Sementara feses itu cenderung asam dan kalau menyentuh kulit akan membuat kulitmu iritasi. Makanya, kalau kamu memiliki wasir, lebih baik diobati dan pastikan untuk membersihkan bokong dengan baik. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading