Sukses

Lifestyle

Umur 20-an Tahun, Jangan Malu Kalau Kamu Masih Belajar Puasa

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba dan memasuki hari ketiga. Umat Muslim di Bulan Suci ini diwajibkan untuk berpuasa, mulai dari matahari terbit, hingga tenggelam. Sejak kecil, kamu yang berpuasa di bulan Ramadan setiap tahunnya, sudah diajarkan bagaimana kamu harus menahan lapar dan haus. Juga menjaga perkataan, nafsu, dan emosi. 

Namun, buat kamu yang memang baru mau mulai belajar untuk berpuasa, karena alasan tertentu, memang nggak mudah. Jangankan untuk menahan emosi dan nafsu. Menahan lapar dan haus saja nggak mudah bagi orang-orang yang nggak terbiasa. 

Tapi, seenggaknya kamu memiliki kemauan untuk belajar, girls. Jadi, jangan sampai kamu menyerah. Tapi, karena ini bersangkutan dengan kesehatan, puasa untuk mereka yang baru melakukannya pertama kali, mungkin akan membuat tubuh agak lemas, haus luar biasa, serta nggak bisa fokus dengan aktivitas yang sedang dijalani. Meskipun begitu, kamu nggak boleh menyerah dan juga malu. Setiap orang punya tahapan dan juga jalan hidup masing-masing. Buat kamu yang ingin belajar berpuasa, ini beberapa tips yang bisa kamu praktikkan. 

Berikut jadwal buka puasa di bulan Ramadan 2017. (Sumber Foto: Wikimedia Commons)

1. Tubuhmu butuh waktu beberapa hari untuk menyesuaikan perubahan. Ya, biasanya, kan, ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhmu pada siang hari. Selama puasa, nggak ada. Bukan cuma kamu saja yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan keadaan. Pada saat inilah, kamu akan merasa lemas, sangat lapar dan haus. Pada saat seperti ini, lebih baik kamu beristirahat. 

2. Jangan sembarangan memutuskan untuk berpuasa. Kamu harus pastikan dulu kondisi pencernaan dan sistem lainnya bekerja dengan normal. Jangan sampai, karena puasa, mag kronismu kambuh dan kamu harus dilarikan ke rumah sakit. Konsultasi juga dengan dokter, kalau kamu punya penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan sebelum memutuskan untuk berpuasa. 

Menu buka puasa di pasar kaget Bendungan Hilir, Jakarta.| (Nurwahyunan/Bintang.com)

3. Kadang, puasa Ramadan juga bisa membantumu menurunkan berat badan. Tapi, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk menahan lapar dan haus di siang hari, tapi malah balas dendam pada saat kamu berbuka puasa. Jadi, makan secukupnya, baik pada saat berbuka puasa atau pun sahur. Soalnya, kalau kamu terlalu banyak makan terutama pada saat berbuka puasa, berat badanmu akan bertambah, lho. 

4. Kamu memang akan merasa lebih lelah pada saat berpuasa. Tapi, bukan berarti kamu kerjanya tidur dan buka puasa saja sepanjang hari. Kamu nggak harus olahraga, girls. Tapi, apa salahnya jalan pagi bersama teman atau keluarga sebelum berangkat kuliah atau kerja. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading