Sukses

Lifestyle

Menu Sahur: Udang Goreng Mentega

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang nggak terbiasa makan di jam-jam sahur, pasti rasanya nggak enak banget, apalagi jika kamu tidak dalam keadaan sedang kelaparan. Tapi, hal tersebut tentunya akan berbeda jika kamu melihat sepiring Udang Goreng Mentega sudah tersaji di atas meja makan. Hmmm, aromanya yang menggoda akan membuat siapapun yang menciumnya jadi merasa lapar.

Ya, salah satu cara untuk membuat kamu lebih semangat saat waktu sahur adalah dengan membuat sebuah menu masakan yang menggugah selera. Nah, kali ini Bintang Tasty membagikan sebuah resep menu sahur yang tentunya nggak sulit kamu buat, yakni Udang Goreng Mentega. Untuk lebih jelasnya simak bahan-bahan yang kamu butuhkan di bawah ini.

Menu Sahur: Udang Goreng Mentega. (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com Digital Imaging: M. Iqbal Nurfajri/Bintang.coom)

500 g udang pencet ukuran besar

½ sdt garam

½ sdt merica bubuk

Minyak goreng

5 sdm mentega/margarin

4 siung bawang putih, cincang halus

2 sdt jahe cincang

150 g bawang bombai, iris memanjang 1 cm

3 sdm kecap manis

2 sdm saus tiram

½ sdt merica hitam

½ sdt garam

2 batang daun bawang, iris 2 cm

5 buah jeruk limau

2 sdm bawang putih goreng, remukkan sedikit

Menu Sahur: Udang Goreng Mentega. (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com Digital Imaging: M. Iqbal Nurfajri/Bintang.coom)

Lalu bagaimana cara membuatnya? Jangan khawatir, cara memasaknya juga semudah mencari bahan-bahannya kok. Berikut cara membuat Udang Goreng Mentega.

1. Buang kaki, sungut, dan kepala udang, lalu belah punggung beserta kulitnya menggunakan pisau atau gunting. Lumuri garam dan merica, sisihkan.

2. Panaskan minyak secukupnya dalam wajan, goreng udang sampai berubah warna dan melingkar, angkat. Buang minyaknya, lalu masukkan mentega atau margarine ke dalam wajan.

3. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, tambahkan bawang putih, tumis sampai layu dan kekuningan. Masukkan kecap manis, saus tiram, merica hitam, dan garam, aduk sampai mengental. Masukkan daun bawang, aduk.

4. Masukkan udang, aduk rata sampai terlumuri bumbu, biarkan sebentar sampai bumbu meresap. Tambahkan air jeruk limau, aduk.

5. Sajikan dengan taburan bawang putih goreng di atasnya.

Kalau masih belum jelas juga, kamu bisa melihat proses pembuatan Udang Goreng Mentega dalam video Bintang Tasty di bawah ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading