Sukses

Lifestyle

Akan Ada Penyesuaian Tarif Listrik, Yuk Hemat Sebelum Harga Naik

Fimela.com, Jakarta Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Coba deh bayangkan kalau hidup tanpa listrik, mati gaya nggak sih? Apalagi kalau smartphone kehabisan baterai. Duh nggak kebayang deh..

Saat ini kita memang bisa menggunakan dan menikmati listrik dengan bebas kapan saja dan di mana saja, meski begitu jangan lupa ya kalau listrik kamu nikmati itu tidak gratis. Hari gini mana ada yang gratis? 

Ilustrasi meteran listrik. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Maka itu kamu harus menghemat penggunaan listrik, karena tanpa sadar listrik telah menjadi salah satu pos pengeluaran yang cukup besar. Harus kamu tahu, kalau pada tanggal 1 Juni 2017 mendatang akan ada penyesuaian tarif listrik. 

Tenang, penyesuaian tarif ini belum tentu bikin tarif dasar listrik naik kok. Melansir Liputan6.com, Kepala satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan kalau ada tiga komponen yang memengaruhi tarif listrik yaitu, inflasi, harga minyak mentah Indonesia, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

 Pada tanggal 1 Juni 2017 akan ada penyesuaian tarif listrik baru. (sumber foto: Liputan6.com)

Berkenaan dengan penyesuaian tarif dasar listrik pada 1 Juni 2017 mendatang, Made pun mengatakan bahwa hal tersebut belum tentu akan menaikkan tarif listrik. “Jadi, tanggal 1 Juni ada penyesuaian tarif tapi belum tentu naik. Kalau turun gimana?” ujar Made.

Meski belum dapat dipastikan, ada baiknya kamu melakukan penghematan listrik, sebelum kantongmu jebol karena tagihannya..

Yuk Hemat Listrik!

1. Pilih peralatan elektronik hemat listrik. Saat membeli peralatan elektronik, jangan lupa pastikan daya yang dibutuhkan alat tersebut. Sesuaikan juga dengan daya dan kebutuhan listrik di rumahmu.

2. Kurangi penggunaan AC. Saat cuaca di luar panas memang paling enak masuk ruangan dan menyalakan AC. Namun jangan lupa kalau AC membutuhkan daya listrik yang besar, gunakan seperlunya saja ya kalau nggak mau tagihan listrikmu membengkak.

Cabut peralatan elektronik saat tak digunakan. (sumber foto:  demorgen.be)

3. Cabut peralatan listrik saat tak digunakan. Ini nih yang nggak banyak orang tahu dan sering disepelekan. Saat kamu mematikan peralatan listrik namun tak mencabutnya dari stop kontak, secara tak sadar kamu telah membuang daya listrik secara percuma. Meski tak digunakan, saat peralatan listrik masih terpasang di stop kontak, maka peralatan elektronik itu akan berada pada posisi standby dan menyedot listrik. Jadi jangan malas ya untuk mencabut peralatan elektronikmu dari stop kontak.

4. Kurangi penggunaan listrik di alam hari. Saat malam hari matikan lampu-lampu juga peralatan listrik yang tak digunakan. Untuk lebih menghemat, kamu juga bisa menggunakan lampu LED, meski harganya lebih mahal, tapi lampu ini bisa menghasilkan cahaya maksimal dengan daya minimal.

Ilustrasi meteran listrik. Liputan6.com/Angga Yuniar)

5. Beralih pada penggunaan listrik prabayar. Penggunaan token listrik bisa membantu mengontrol pengeluaranmu lho. Saat kamu beralih menggunakan token, kamu bisa langsung menjatah penggunaan listrikmu. Kamu juga nggak akan kaget lagi dengan tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading