Sukses

Lifestyle

5 Jenis Jamu Tradisional, Salah Satunya Bisa Bikin Langsing Lho

Fimela.com, Jakarta Berolahraga dan makan makanan sehat sepertinya tak cukup buat para perempuan yang ingin memiliki tubuh langsing dan bugar. Jamu, seperti yang sudah lama diwariskan turun-temurun oleh nenek moyang kita, menjadi ramuan tambahan agar tubuh bugar dan segar seperti putri-putri raja. 

Jamu tradisional tanpa bahan pengawet dan juga bahan kimiawiini  baik untuk tubuhmu di usia muda. Selain bikin kamu tak mudah lelah usai beraktivitas di sekolah atau kampus, jamu tradisional juga bisa bikin kamu tampil ayu. Mulai dari warna kulit yang cerah, hingga tak menjadikannya kusam, walaupun kamu seharian berjalan-jalan di bawah terik matahari. 

Selain berusaha menjadi sehat dengan meminum jamu setiap hari, kamu juga bisa melestarikan budaya Indonesia. Setiap jenis jamu memiliki khasiat masing-masing. Karena, dilansir dari berbagai sumber, setiap jenis jamu mengandung bahan-bahan alami yang berbeda satu sama lain. Ada yang mengandung rempah, akar-akaran, dan bahan alami lainnya. Yuk, kita bahas satu-satu, mulai dari jenis hingga manfaatnya. 

(Ilustrasi) Bahan-bahan membuat jamu tradisional | via: ahlijamu.wordpress.com

1. Jamu Beras Kencur. Jamu ini pasti sering banget kamu dengar atau lihat, di antara botol-botol kaca di dalam pikulan Mbok Jamu. Ya, jamu ini biasanya berwarna putih dan rasanya manis menyegarkan. Kamu enggak perlu memejamkan mata atau menutup hidung saat meminumnya, kok

Beras Kencur ini terbuat dari kencur tentunya, lalu beras, jahe, dan asam yang diekstrak secara tradisional. Jahe dan asam inilah yang membuat tubuhmu mennjadi lebih segar. Meskipun rasanya manis, jamu ini ternyata juga ampuh mengobati penyakit, layaknya jamu-jamu pahit berwarna hitam. 

Jamu Beras Kencur | via: sellawahyu.blogspot.com

Salah satunya manfaatnya, beras kencur ini ampuh sebagai tolak angin. Selain itu, jamu ini juga bisa sebagai penangkal jerawat dan penambah nafsu makan. Makanya jangan heran, banyak ibu-ibu yang memberikan jamu ini kepada anak-anaknya yang masih kecil. 

Jamu Kunyit Asam dan Galian singset

2. Jamu Kunyit Asam. Minuman tradisional yang berwarna kuning ini juga sama populernya dengan beras kencur. Berbahan dasar kunyit dan juga asam yang diekstrak, jamu ini ternyata menjadi 'sahabat' utama buat gadis-gadis Tanah Air. Pasalnya, khasiatnya yang paling utama adalah memperlancar siklus haid. Rasa nyeri pada saat datang bulan pun juga bisa berkurang berkait minuman tradisional yang melegenda ini. 

Selain itu, jamu yang bisa disajikan pada saat hangat maupun dingin ini juga bisa memperlambat proses penuaan secara alami. Berbeda dengan produk kecantikan lain yang berbentuk krim, jamu ini bekerja dari dalam dan membutuhkan proses yang berbeda-beda pada setiap perempuan. 

Jamu Kunyit Asam | via: terimakasihresep.blogspot.co.id

Ternyata, kunyit asam bukan cuma sering disandingkan dengan krim anti-aging modern, tapi juga deodoran pembasmi bau badan. Setelah mengonsumsi jamu ini secara rutin, kamu tak akan lagi dijauhi teman apa lagi malu bisa sedang bersebelahan dengan gebetan di sekolah. Jadi, buat kamu yang punya banyak aktivitas, jangan lupa untuk merawat tubuhmu dari dalam dengan jamu ini. 

3. Jamu Galian Singset. Ini dia jamu yang bisa mengubah tubuhmu menjadi lebih bugar dan langsing. Memiliki pinggang kecil dengan perut yang rata memang menjadi idaman perempuan. Meskipun kini sudah banyak yang menjual jamu ini dalam berbagai bentuk, mulai dari kapsul, bubuk untuk diseduh, hingga botolan, kamu sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Tak butuh banyak ramuan untuk membuat minuman yang bakal meluluhkan lemak-lemak di sekitar pinggang, lengan, dan paha. Berbekal dengan kunyit, jahe, temulawak, lengkuas, kencur, serai, yang ada di dapur, kamu sudah bisa membuat jamu pelangsing ini. 

Jamu Galian Singset | via: khasiatq.blogspot.co.id

Lumayan, kamu tak perlu menahan lapar seharian untuk mengurangi angka pada timbangan badan. Hebatnya minuman ini, kamu tetap bisa makan dengan porsi secukupnya tiga kali sehari. Jadi, tak perlu berpuasa dan menahan diri untuk tidak makan makanan yang kamu suka, ya. 

Jamu Peputih dan Pahitan

4. Jamu Peputih. Meski namanya tak sepopuler tiga jamu di atas, peputih ini sangat penting buat kaum hawa, lho! Organ reproduksi perempuan 'tersembunyi' di dalam, sehingga pada saat lembab akan mengundang jamur dan bakteri. Akhirnya muncul keputihan yang sudah pasti bikin kamu merasa tak nyaman. 

Karena tak begitu populer di kalangan perempuan-perempuan muda, jamu ini kadang sulit untuk didapati. Tapi sebenarnya ada beberapa produk yang memproduksi dan menjualnya di berbagai toko. Kalau tak menemukan jamu Peputih, coba bertanya dengan petugas di toko dengan menyebutkan namanya lainnya, yaitu pektay. 

Jamu Peputih. | via: Tokopedia.net

5. Jamu Pahitan. Warnanya hitam. Seperti namanya, jamu ini rasanya sangat pahit, hingga membuatmu agak meringis usai tegukan terakhir. Meskipun pahit, jamu ini sangat populer karena khasiatnya yang tokcer. 

Meskipun warnanya hitam, ternyata jamu ini berbahan dasar daun sambiloto berwarna hijau. Ditambahkan dengan brotowali yang juga rasanya tak kalah pahit. Saat kamu meminumnya, jangan kaget lantas dibuang. Karena jamu ini sangat penting buat kamu yang masih muda. 

Jamu pahitan berkhasiat mengobati malaria, mencegah kanker seperti payudara, serviks, dan rahim, dan membuat seluruh organ tubuh bekerja dengan maksimal. 

Jamu Pahitan | via: hello-pet.com

Kamu yang ingin meminum jamu ini tak perlu pusing mencarinya. Pahitan selalu ada di antara jamu-jamu lainnya di dalam keranjang pikulan Mbok Jamu yang lewat setiap pagi. Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan merebus kedua bahan utama, dan meminum air rebusannya secaa teratur. Dengan meminum jamu tradisional, tubuhmu akan sehat, bugar, dan juga mendapatkan kesan ayu bak putri raja. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading