Sukses

Lifestyle

Bagaimana Cara Tetap Elegan Saat Bertengkar dengan Pasangan?

Fimela.com, Jakarta Pertengkaran adalah bagian dari dinamika sebuah hubungan. Kalau pada masakan, pertengkaran itu bumbu penyedap. Sesekali memang diperlukan agar hubunganmu tidak monoton, meskipun pertengkaran bukan satu-satunya hal yang bisa membuat hubunganmu terasa lebih menarik untuk dijalani.

Sama halnya dengan bumbu penyedap pada masakan, kalau terlalu banyak dipakai pun akan mengubah cita rasa asli sehingga bumbu penyedap tersebut malah kehilangan fungsi menyedapkan. Pun jika terlalu banyak pertengkaran dalam sebuah hubungan. Alih-alih menguatkan, yang ada malah mengikis perasaan, lho!

Jika keadaan menjerumuskan kalian pada pertengkaran, pertahankan hal-hal yang disebutkan di bawah ini!

1. Kendalikan pikiran. Jangan biarkan emosi yang ada di kepalamu membuncah keluar. Beri jarak sebentar, atur napas, tenangkan dirimu, baru kembali hadapi dia lagi.

Cara tetap elegan saat bertengkar dengan pasangan. (Foto: unsplash.com)

2. Bersikap terbuka pada kompromi. Terlepas dari apapun yang dipermasalahkan, bersiaplah untuk meminta maaf dan memaafkan.

3. Ketahui apa yang memancing amarahmu. Jika kamu tahu di mana 'akar' permasalahannya, kamu akan lebih mudah mengantisipasi reaksimu.

4. Dengarkan pasanganmu. Tidak ada gunanya berasumsi, apalagi dalam keadaan emosi. Berikan waktu padanya untuk berbicara dan dengarkan dengan seksama. Ketika kamu benar-benar mendengarkan dan mencoba memahaminya, dia akan menjadi lebih terbuka padamu.

Cara tetap elegan saat bertengkar dengan pasangan. (Foto: unsplash.com)

5. Tetap tenang, ungkapkan pendapatmu setelah dia mengungkapkan apa yang dia pikirkan. Perhatikan kalimat dan gestur tubuhmu saat berbicara padanya, usahakan tetap positif.

Kejujuran penting sekali dijunjung tinggi saat kamu bertengkar, sebab dengan kejujuran pertengkaran itu mungkin bisa dihentikan sampai di situ saja dan tidak terulang lagi lain waktu. Utarakan apa yang kamu rasa, apa yang kamu ingin, dan ingat; jangan sedikitpun menyalahkan pasanganmu, jangan protes, dan jangan bersikap seolah kamu adalah korban. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading