Sukses

Lifestyle

Upaya Polisi Cegah Ledakan Susulan di Bekasi

Fimela.com, Jakarta Pasca ledakan di PHD Jalan Hankam RT04/05 Jatimelati, Pondok Melati, Bekasi, tim Puslabfor Mabes Polri mengevakuasi tabung gas yang diduga sebagai penyebab kejadian tersebut. Sebagaimana diwartakan Liputan6.comproses evakuasi dilakukan dengan mengeluarkan isi gas dari tabung elpiji 50 kilogram.

Tindakan ini juga merupakan upaya pihak berwajib mencegah ledakan susulan karena bau gas masih menyengat beberapa saat setelah ledakan terjadi.  Adapun tahapan pengosongan tabung gas, seperti diwartakan Liputan6.compertama polisi membuka satu persatu katup atau nozzle tabung gas. Lalu, katup itu dicelupkan ke dalam bak air hingga membeku. Sehingga, gas di tabung tak menguap atau menyebar.

Alat berat membongkar reruntuhan bangunan PHD untuk mempermudah polisi melakukan olah TKP, Kota Bekasi, Minggu (23/10). Kendaraan yang akan melintas di lokasi ledakan diarahkan polisi lewat lewat Jalan Arteri JORR Jatiwarna. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

"Gas yang keluar akan membeku begitu masuk air, meminimalisir risiko. Lokasi juga masih steril, tidak boleh ada yang dekat memakai ponsel, apalagi merokok," kata Koordinator Tim Forensik Bahan Peledak Puslabfor Mabes Polri Ajun Komisaris Heriyandi di lokasi ledakan, Senin (24/10), kepada Liputan6.com.

Pengosongan tabung gas, kata Heriyadi, berlangsung lama. Sebab, dua di antara empat tabung gas berukuran 50 kg itu masih terisi penuh. "Pengosongannya cukup lama. Belum dapat dipastikan. Kemungkinan paling lambat dapat terkuras 10 kg gas per jam," sambungnya.

Petugas Polisi berjaga di lokasi reruntuhan bangunan PHD, Kota Bekasi ketika alat berat membersihkan reruntuhan, Minggu (23/10). Akibat ledakan tersebut Jalan Raya Hankam, Jatimelati, Pondokmelati ditutup. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Ledakan diduga karena tabung gas 50 kg terjadi di PHD Jalan Hankam, RT04/05, Jatimelati, Pondok Melati, Bekasi, Minggu (23/10) pagi. Akibat ledakan, bangunan restoran cepat saji itu dan beberapa rumah warga, serta minimarket, dilaporkan hancur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading