Sukses

Lifestyle

Rupa Gua 'Raksasa' yang Terdapat Rumah dan Sekolah di Dalamnya

Fimela.com, Jakarta Seakan merefleksikan manusia gua dalam rupa berbeda, sejumlah orang tinggal di dalam 'ruang batu' di desa Zhongong, Provinsi Guizhou, Tiongkok. Sebagaimana dimuat Bored Panda, gua berukuran besar yang jadi rumah tempat mereka tinggal itu berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

Sebab hanya bisa diraih dengan mendaki selama satu jam, warga gua tak bernama itu harus berjuang demi hidup. Bak berupaya punya tata ruang seperti kebanyakan daerah, di sini pun terdapat rumah dengan jalan-jalan penghubung, bahkan juga sekolah. Namun sayangnya karena pemerintah Tiongkok menuturkan teritori negara terluas di Asia tersebut bukan rumah bagi masyarakat gua, maka sekolah itu pun ditutup pada 2011.

Akibatnya, anak-anak sekarang harus berjalan selama kurang lebih dua jam setiap pagi untuk sekolah. Dengan letak yang sedemikian rupa, tak heran kalau gua ini tak terjangkau arus dinamika dunia. Dihuni oleh hanya sekitar 100 orang, mereka harus berjalan sekali seminggu sejauh 15 kilometer untuk sampai ke pasar terdekat. Langsung saja lihat rupanya dalam sejumlah potret.

Gua di desa Zhongong, Provinsi Guizhou, Tiongkok yang dihuni oleh 100 orang. (Carsten Peter)Gua ini hanya bisa dijangkau dengan melakukan pendakian sekitar satu jam. (Carsten Peter)Sekolah yang dulu berada di dalam gua sebelum ditutup pemerintah Tiongkok pada 2011. (Carsten Peter)Penduduk beraktivitas di dalam gua. (Carsten Peter)Lapangan basket di dalam gua. (Carsten Peter)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading