Sukses

Lifestyle

Ini Arti Palu Arit di Dalam Lambang Komunis

Fimela.com, Jakarta Indonesia sedang digegerkan beredarnya kaos band metal berlambang palu arit. Sebagian besar masyarakat menyebutnya sebagai kebangkitan komunis. Tak terkecuali kamu. Nah, apakah kamu tahu arti palu arit di lambang komunis ini?  

Sebenarnya jika melihat dari sejarah palu arit yang diulas wikipedia.org, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Simbol palu mewakili para buruh atau kelas menengah. Sementara simbol arit mewakili kaum petani, justru pekerjaan paling mulia di Indonesia yang mengaku sebagai negara agraris alias hidup dari sektor pertanian. Kedua benda ini digabungkan pertama kali saat revolusi Bolshevik (Rusia) sekitar 1917.

Pemuda yang mengenakan kaos merah bergambar palu arit diperiksa di Unit Intel Kodim 1426/Takalar, Sulawesi Selatan. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Persilangan antara palu dan arit berarti persatuan kaum buruh dan petani di revolusi tersebut. Pada saat itu dipimpin oleh Lenin. Di kemudian hari simbol itu menjadi lambang solidaritas para pekerja kasar dan kaum bawah. Saking kuatnya simbol tersebut warga dunia mengidentikkan palu arit sebagai tanda perlawanan atau pemberontakan.

Aparat mengamankan 6 buah t-shirt band bergambar palu arit dari Toko More Shop Blok M Square (Liputan6.com/Istimewa)

Perluasan simbol terjadi lantaran tak hanya kaum buruh dan petani yang menggunakan simbol ini, melainkan menjalar ke civitas akademik sebagai perlawanan atas kebijakan pemerintah yang tak sejalan dengan warga. Pada 1922, palu arit resmi berada di bendera negara Uni Sovyet yang berhaluan komunis. Hal ini untuk memperlihatkan jika partai berbasis komunisme berada di belakang para buruh dan petani. Padahal intinya adalah, demi meraih dukungan suara sebab buruh dan petani punya massa banyak. Itulah kejamnya politik.

Warga Yogyakarta geger dengan penangkapan ikan louhan yang di tubuhnya ada corak PKI yakni palu arit. Benar kah?

Mengapa palu arit jadi hantu yang menakutkan di Indonesia? Tak lain dan tak bukan sebab sejarah pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Salah satu masa paling kelam bagi negeri ini, meski berbau konspirasi. Setidaknya kamu jadi tahu makna palu arit yang sesungguhnya.

Ilustrasi palu arit | Via: istimewa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading