Sukses

Lifestyle

Ini Dia Penampakan Sungai Cicadas Dulu dan Sekarang

Fimela.com, Jakarta Sungai Cicadas merupakan salah satu sungai di Kota Bandung yang berdekatan dengan Pasar Cicadas yang selalu ramai dan menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang. Sayangnya banyak masyarakat pula yang kurang bisa berperan aktif dalam melestarikan Sungai Cicadas ini. Ada sangat banyak sampah yang dibuang oleh warga tidak bertanggung jawab di Sungai Cicadas dan membuat sungai ini tidak lagi indah dipandang. Yang ada, justru sungai ini meluap dan membanjiri daerah sekitar saat musim hujan. Karena telah menjadi masalah yang cukup memprihatinkan setiap tahunnya, Walikota Bandung, Ridwan kamil pun kemudian memiliki program untuk menjadikan sungai-sungai di Bandung termasuk Sungai Cicadas bersih dari sampah mulai tahun 2016 ini.

Pemerintah Kota Bandung telah berusaha membuat instalasi penjernih air sungai yang akan dipasang di puluhan sungai dan anak sungai yang terdapat di Kota Bandung dengan anggaran biaya 2,6 miliar rupiah. Selain itu tentu gerakan pungut sampah juga diusahakan dapat terus berjalan dan menjadi bagian dari budaya dari Masyarakat Kota Bandung. Cara lain untuk menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan di sekitar Sungai Cicadas adalah dengan menggalakkan kegiatan memancing di sungai. Warga yang bertempat tinggal di sekitar Jalan Babakan Surabaya, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung telah mengubah sungai menjadi kolam pemancingan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis. Beberapa bahkan memanfaatkan sungai ini untuk berkeliling menggunakan perahu karet.

Sungai Cicadas memang merupakan sungai pertama yang menjadi target program pembersihan sungai yang digalakkan pemerintah mulai tahun 2016. Tidak hanya sampah, Walikota Ridwan Kamil juga memiliki rencana untuk membersihkan sungai-sungai yang ada di Bandung dari limbah baik limbah domestik maupun industri pada tahun 2017 nanti. Kedua program ini merupakan program jangka panjang untuk menciptakan Kota Bandung yang lebih bersih dan diharapkan Kota Bandung akan mendapatkan penghargaan Adipura yang diberikan kepada kota paling bersih. Hal ini juga berguna untuk menaikkan standar kebersihan di Kota Bandung yang selama ini belum cukup baik. (M.Sufyan)

Sungai Cicadas Kini | via: kodim0618.blogspot.com

Sungai Cicadas Kini | via: ayobandung.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading