Sukses

Lifestyle

Ikuti 5 Tips Sebelum Membeli Hewan Qurban untuk Idul Adha 2015

Fimela.com, Jakarta Idul Adha 2015 tinggal hitungan hari. Sudahkah kamu menyiapkan hewan untuk dijadikan qurban tahun ini? Kalau belum, kamu perlu tahu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli hewan qurban. Berikut Bintang.com akan memberikan beberapa tips yang harus diikuti sebelum membeli hewan qurban. Cekidot!

Tips #1

Tips #1 | via: facebook.com

Umur hewan Umur hewan jenis sapi yang baik sebagai hewan qurban adalah dua tahun, domba enam bulan sampai satu tahun, dan kambing satu tahun. Untuk mengetahui berapa umur hewan qurban adalah dengan melihat gigi seri hewan qurban yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap. Ciri-ciri gigi tetap adalah ukurannya lebih besar dibanding gigi susu dan warnanya kekuningan karena lapisan yang berbeda pada gigi tersebut. Pada kambing, apabila satu pasang gigi seri sudah berganti maka umur kambing tersebut sekitar satu tahun. Sedangkan pada domba, pergantian satu pasang gigi seri artinya umur domba tersebut sekitar 1 tahun. Sedangkan hewan sapi, apabila satu pasang gigi seri sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap berarti umur sapi tersebut sudah sekitar dua tahun.

Tips #2

Tips #2 | via: facebook.com

Hewan sempurna dan tidak cacat Pastikan hewan yang akan kamu gunakan untuk qurban adalah yang sempurna dan tidak mengalami cacat.

Tips #3

Tips #3 | via: facebook.com

Perhatikan tingkah laku hewan Tingkah laku hewan yang sehat itu gesit, lincah, dan tidak loyo. Jangan memilih hewan qurban yang menyendiri, tidak bersemangat, dan terlihat lesu karena itu menandakan gejala kalau hewan tersebut tidak sehat atau sakit.

Tips #4

Tips #4 | via: facebook.com

Perhatikan cara makannya Apabila hewan qurban menunjukkan nafsu makan yang besar, artinya hewan tersebut sehat. Sedangkan hewan yang terlihat tidak nafsu makan ada kemungkinan sedang mengalami gangguan kesehatan.

Tips #5

Tips #5 | via: kaskus.co.id

Perhatikan bagian mata, hidung, dan anus Cari hewan yang matanya bersih dan tidak belekan. Jika bagian dalam kelopak matanya berwarna pucat atau kuning, sebaiknya tidak dibeli. Karena hewan yang sehat kelopak mata bagian dalamnya berwarna pink. Hidung hewan yang sehat sedikit basah tapi tidak becek. Kalau tidak begitu, berarti hewan tidak dalam kondisi yang sehat. Terakhir, perhatikan anusnya. Jika sekitar anus terlihat kotor, diindikasikan hewan tersebut mengalami diare. Kamu juga bisa perhatika kotoran di sekitar hewan tersebut. Apabila kotorannya encer, berarti benar kalau hewan tersebut sedang mengalami diare.

 

Nah, itu dia tips yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli hewan qurban untuk Idul Adha 2015. Supaya lebih yakin, kamu bisa minta didampingi oleh dokter hewan atau petugas kesehatan. Biar ibadah qurbanmu lebih barokah~

 

Baca juga: Meme Idul Adha 2015 yang Bakal Bikin Kamu Pengin Ngunyah Rumput

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading